Mendag Enggartiasto: Presiden Jokowi akan dorong ekonomi Gorontalo lewat pasar-pasar

Enggartiasto Lukita tinjau Shoping Center Limboto

 

LIMBOTO –Menteri Perdagangan (Mendag) RI Enggartiasto Lukita memantau langsung aktivitas pasar di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (16/3). Ia menyebut pemantauan itu sebagai tindak lanjut sasaran  Presiden Jokowi yang akan mendorong perekonomian Gorontalo melalui pasar-pasar.

“Kewajiban saya sebagai Menteri untuk menindaklanjuti apa yang menjadi program dan perhatian Pak Presiden, terutama dalam bidang saya, yakni pasar. Saya tinjau, tindak lanjuti dan lihat perkembangannya,” tutur Mendag Enggartiasto Lukita pada kunjungannya di Shoping Center Limboto.

Enggartiasto juga menyempatkan diri meninjau keberadaan pasar tradisional yang telah direnovasi (Tahap I) pada tahun 2018. Ia nampak  beroleh pendampingan dari mantan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel dan segenap jajaran pejabat daerah Pemda Kabupaten Gorontalo.

 

Enngar Lukita tinjau Shoping Center Limboto

Adanya tindak lanjut atas hasil kunjungan Presiden RI ke Gorontalo itu sepertinya memberi sinyal baik bagi seluruh pedagang di Shoping Center. Mereka melihat Pemerintah Pusat akan lebih cepat ‘memulihkan’ gedung shopping center pasca bencana kebakaran tanggal 2 Maret 2018 lalu.

“Alhamdulillah, kami senang, Pak Jokowi akan memperbaiki gedung ini. Banyak ruangan rusak di atas, di lantai dua semua tidak lagi digunakan”, ungkap Evi salah seroang pedagang di shoping center Limboto.

Dilain pihak, Bupati Nelson Pomalingo kepada wartawan mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo pun melakukan upaya penaganan pasca bencana kebakaran shoping center. Seperti pengalokasian dana sebesar Rp. 10 milyar  untuk revitalisasi sementara serta pembangunan lapak-lapak baru bagi para pedagang.

Terhadap pemulihan shoping center pasca kebakaran, Bupati Nelson menyatakan pihaknya telah melayangkan proposal kepada Menteri Perdagangan. Pemda Kabupaten Gorontalo, kata dia, sedikitnya masih butuh anggaran sebesar 40 hingga 50 miliyar rupiah. Maka setelah adanya peninjauan oleh Menteri Enggartiasto, rehabilitasi gedung shoping center diharapkan akan segera terlaksana. (Kominfo/JnMile)

Bagi artikel