Masuk nominasi 50 besar destinasi wisata Indonesia, Nelson genjot desa Bongo sebagai desa Wisata Religi

LIMBOTO – Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai menjadi salah satu desa religi dengan destinasi wisata terkenal di Kabupaten Gorontalo. Di desa ini, setiap tahun diselenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW secara meriah. Tradisi budaya mempersembahkan penganan-penganan khas lokal berupa wapili, kolombengi, toyopo, tolangga dan walima menjadi pelengkap yang mewarnai pelaksanaan dzikir selama semalam suntuk.

Seperti biasa, dalam perayaan maulid yang berlangsung di masjid kecamatan, tepatnya tanggal 24 Oktober tahun ini, perayaannya dihadiri Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan seluruh pimpinan OPD.

Dalam sambutannya, Nelson menyampaikan bahwa desa Bongo masuk nominasi desa destinasi wisata nasional diantara 50 desa se Indonesia. Penilaian akan berlangsung hingga ke sepuluh besar.

“Menjadi Destinasi wisata religi dan itu di Provinsi Gorontalo hanya desa Bongo Kecamatan Batudaa pantai,” ucap Nelson.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo, jelasnya, terus membenahi desa wisata religi itu. “Karena pak Menteri pariwisata pada awal November akan datang, maka kita benahi lokasi ini mulai dari kebersihannya hingga penataan infrastrukturnya,” tambahnya.

Nelson akan membangun masjid terapung di desa itu. Sekaligus akan membuat jalan lingkar sehingga tiga unggulan desa Bongo sebagai desa wisata religi (Pantai Dulanga, Pesantren, dan Masjid Kubah Emas) akan saling terkoneksi.

Karena itu, ia berharap, partisipasi masyarakat, untuk mendukung Pemerintah. “Pemerintah tidak bisa membangun dengan baik tanpa partisipasi masyarakat. Saya berbangga pengelola wisatanya sudah baik dan ditunjang pemerintah desa dan masyarakat termasuk semua elemen masyarakat dengan harapan ini menjadi Icon provinsi Gorontalo,” pungkas Nelson.

*/Kominfo

Bagikan artikel: