Lahan pembangunan Secaba akan segera dibebaskan Pemerintah

LIMBOTO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 2,5 milyar untuk mengganti rugi puluhan hektar lahan yang masuk dalam areal pembangunan sekolah calon Bintara (Secaba) di daerah ini. Demikian terungkap dalam rapat pembahasan pembangunan Secaba, Senin (6/4/2020), di ruang Madani Lt. II Kantor Bupati Gorontalo.

“Anggaran pembebasan tanah sudah ada bahkan pembangunan (anggaran) juga dari daerah-daerah yang lain sudah siap, kita sudah melakukan koordinasi. Insya Allah perencanaannya, koordinasinya, kita selesaikan bulan ini karenanya dokumen-dokumen semua harus selesai,” ucap Bupati Nelson usai memimpin rapat tersebut.

Pembangunan Secaba di Provinsi Gorontalo akan berdiri di atas lahan seluas 50 hektar, terletak di Desa Ilomata Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo. Karenanya, Pemerintah Kabupaten Gorontalo pun secara marathon merampungkan administrasi pembebasan lahan agar pembangunannya bisa dimulai Mei nanti.

“Jadi setelah lahan ini siap bisa langsung di bangun. Kalau dibangun 6 bulan perkiraan kita Secaba bisa selesai November. Mudah-mudahan tidak ada aral melintang sehingga tahun depan sudah bisa menerima siswa,” harap Nelson.

Selain akan membebaskan lahan, Pemerintah juga akan melakukan ganti rugi terhadap tanaman perkebunan di areal pembangunan sekolah militer tersebut. #

Bagikan artikel: