LIMBOTO, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo membentuk rumah pintar pemilu (RPP) dalam memfasilitasi pendidikan bagi masyarakat pra pemilih dan pemilih pemula. Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Hendrik Imran mengatakan, RPP yang diberi nama ‘Molamahu’ tersebut merupakan wadah pencerahan kepada masyarakat agar cerdas dalam menyalurkan hak demokrasi secara tepat.

Lounching RPP Molamahu tersebut, diresmikan Bupati Nelson Pomalingo, Selasa (18/4), di kantor KPU Kabupaten Gorontalo. Ia memandang, pembentukan RPP merupakan satu langkah maju dalam mencerdaskan para pemegang hak pilih. Sehingga demikian Kabupaten Gorontalo akan bisa mewujudkan penyelenggaraan demokrasi secara murni.

“Sangat baik agar masyarakat cerdas dalam menyalurkan hak pilih, karena bagaimana pun kinerja setiap lembaga penyelenggara pemilu, tetapi jika masyarakatnya belum cerdas, maka hasilnya tentu belum mencapai harapan demokrasi,” ujar Bupati.

Ia berharap, RPP Molamahu akan lebih luas menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan menentukan program-program secara internal dan eksternal, termasuk proses dan out put yang dihasilkan melalui penyelenggaraan pesta demokrasi pemungutan suara.

Pada kesempatan sama, Ketua KPU Provinsi Gorontalo Muhammad N. Tuli juga mengapresiasi terobosan yang dilakukan KPU Kabupaten Gorontalo. Menurutnya, pembentukan wadah pembelajaran tersebut merupakan upaya pengembangan peran organisasi. Setelah terjalinnya kerjasama dengan Dukcapil terkait pendataan wajib pilih, kata dia, lembaga tersebut kini memiliki wadah untuk mencerdaskan masyarakat dalam berdemokrasi. “Ini pun bisa dikerjasamakan dengan Dikbud,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *