YOGYAKARTA, – Sukses menerapkan peraturan Bupati (Perbup) tentang kawasan tanpa rokok (KTR), Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo terima penghargaan “Paramesti” dari Kementrian Kesehatan RI, Rabu (12/7). Penghargaan diserahkan langsung Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, H. M. Subuh pada pertemuan aliansi Bupati/Walikota Peduli KTR dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM), di The Alona Hotel Convention Center, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Dihubungi Humas Setda Kabupaten Gorontalo via telefon seluler, Bupati Nelson menjelaskan penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI itu merupakan apresiasi terhadap komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten dalam melindungi masyarakat dari bahaya rokok, dimana oleh Pemda ini diwujudkan dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbup).

Ia pun mengapresiasi dukungan semua pihak yang mensukseskan aturan KTR tersebut.

“Keberhasilan ini tak lepas dari penerapan kawasan tanpa rokok di tingkat sarana prasarana Kesehatan, di kantor pemerintahan, di tempat ibadah, tempat bermain anak, sekolah-sekolah serta tempat umum lainnya. Ini juga termasuk bebasnya iklan rokok (pada area tertentu),” ujar Bupati Nelson.

Dipihak lain, Pemda Kabupaten Gorontalo mulai merencanakan adanya kegiatan ekstrakurikuler dalam lingkungan sekolah, yakni hal-hal terkait perilaku hidup bersih dan sehat sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat. (*)