Kominfo Petakan Infrastruktur TIK

LIMBOTO – Sejumlah OPD Kabupaten Gorontalo mengirim utusan pada pemantapan rencana induk teknologi informasi dan komunikasi (RITIK) yang digelar Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Komunikasi RI – Manado, Rabu (3/10). Dalam kegiatan itu mereka membahas landasan penggembangan TIK sesuai kebutuhan untuk masa lima tahun kedepan.

“Penyusunan RITIK kesekian kali tahapannya kami lakukan, tahun 2018. Sasarannya merancang pola pengembangan TIK sesuai kebutuhan. Hari ini kita langsungkan konsinyering bersama OPD”, jelas Drs. R. Azis Nurhamidin, M.Pd Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Rabu, di Limboto.

Ia menambahkan, penyusunan RITIK adalah upaya membangun landasan hukum penganggaran dan pengembangan jaringan komunikasi yang tepat sasaran. Kegiatan tersebut telah diawali dengan survey lapangan ke OPD. Tim Ritik yang terdiri dari gabungan personil Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo dan BPSDMP Kominfo RI – Manado melakukan pemetaan, serta menghimpun point-point rencana sesuai kondisi kebutuhan daerah Kabupaten Gorontalo.

 

 

“Makanya perampungan rencana induk TIK kami upayakan dipercepat untuk ditindaklanjuti dengan pembuatan regulasi, yakni Peraturan Bupati yang nanti menjadi patokan bagi OPD dalam penyelenggaraan kegiatan infrastruktur TIK.

Pelaksanaan konsinyering RITIK di Kabupaten Gorontalo dikeroyok bersama antara perwakilan OPD, dibawah koordinasi Dinas Kominfo, Balitbang, dan BPSDMP Kominfo RI – Manado.

 

 

Setelah perampungan RITIK nanti Azis optimis setiap OPD di Kabupaten Gorontalo akan menjalankan alur yang sesuai dalam menyelenggarakan atau meningkatkan jaringan TIK secara efektif dan efisien. (Jn)

Bagi artikel