Kemenpan-RB Dorong Kabupaten/Kota Bentuk Mal Pelayan Publik

PSX 20220719 034156
PSX 20220719 034156

LIMBOTO – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mendorong percepatan pembentukan Mal Pelayanan Publik (MPP) di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo.

Asisten Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB Noviana Adrina mengatakan, upaya ini dilakukan sebagai langkah mempermudah pelayanan bagi masyarakat. Di Provinsi Gorontalo baru ada satu, yaitu Kabupaten Bone Bolango yang sudah memiliki MPP.

“Mohon dukungan Kabupaten/Kota lainnya karena target dari Bapak Wakil Presiden pada 2024 semua kabupaten dan kota harus sudah memiliki MPP,” kata Noviana pada pada Sosialisasi Percepatan Pembentukan MPP di Provinsi Gorontalo di Ruang Madani Senin, (18/07/22).

Ia menjelaskan pemerintah pusat terus berupaya mempercepat penyelenggaraan MPP di seluruh kementerian, lembaga, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan swasta agar memberi kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan bagi masyarakat pengguna layanan.

Sosialisai Percepatan pembentukan Mal Pelayanan Publik di seluruh kabupaten/Kota di Provinsi Gorontalo, foto: [Kominfo]
“Untuk itu, dibutuhkan komitmen kepala daerah dalam mempercepat pembentukan MPP di Provinsi Gorontalo,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyampaikan, dukungan terhadap Pembentukan MPP. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo akan membangun satu kantor di wilayah yang strategis yang mudah di jangkau masyarakat.

“Rencananya berdekatan dengan pasar moderen dan terminal limboto yang tahun depan mulai beroperasi, Sehingga tak hanya berbelanja namun masyarakat juga bisa dilayani mengurus berbagai perizinan,” jelas Nelson.

Ia menjelaskan pelayanan adalah bagian tugas aparat kepada masyarakat. Karena itu pada enam tahun lalu Pemerintah Kabupaten Gorontalo melahirkan Dinas PM-PTSP.

“Untuk itu, salah satu unggulan Pemerintah Kabupaten Gorontalo  adalah trasformasi birokrasi. memberi arah dalam membangun dan pelayanan,” pungkasnya.

Sosialisasi Percepatan Pembentukan MPP itu dihadiri, Sekda Provinsi Gorontalo Darda Daraba, Sekda Kabupaten Gorontalo Roni Sampir dan Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Gorontalo.

Liputan: Irfan Mohamad
Pewarta: Riri Lihawa

Artikel ini dapat dikutip seutuhnya dengan syarat mencantumkan link sumber: https://gorontalokab.go.id.

Bagikan artikel:

Berita lainnya...

Kategori Pemberdayaan

FACEBOOK PAGE