Kemendagri Bekali PPID Kabupaten Gorontalo

Manado – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gorontalo mendatangkan Dr. Handayani Ningrum, SE, M.Si Kepala Bidang Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informasi Kemendagri RI untuk menyampaikan kejelasan implementasi Permendagri Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi. Pasalnya, Permendagri No. 3 tahun 2017 menyebut, peningkatan pelayanan informasi dan dokumentasi berkualitas perlu pedoman pengelolaan yang berlaku di Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

“Pedoman pengelolaan informasi dan dokumentasi bagi publik itu hendak didalami, maka kita datangkan pemateri dari Kemendagri sekaligus melakukan sosialisasi bagi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) di daerah ini”, terang Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo Drs. Hi. R. Azis Nurhamidin, M.Pd, Kamis (11/10), usai pembukaan kegiatan itu di Ballroom Bunaken Hotel Arya Duta Manado.

Sosialisasi Permendagri No. 3/2017 dan Bimtek PPID diikuti para Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan Sekretaris OPD.

Peserta sosialisasi dan bimtek PPID Kab. Gorontalo di Hotel Arya Duta Manado, Kamis (11/10), foto bersama dengan Bupati Gorontalo dan Dr. Handayani Ningrum, SE, M.SI pemateri dari Kemendagri.

 

Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. Nelson Pomalingo, M.Pd, Kamis, membuka kegiatan sosialisasi dan bimtek menyatakan apresiasinya terhadap peningkatan pelayanan informasi dan dokumentasi bagi masyarakat. Menurutnya, masyarakat kini haus informasi maka Pemerintah harus tanggap menyahuti permintaan informasi publik.

Sementara itu, Dr. Handayani Ningrum, SE, M.Si yang Kepala Bidang Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informasi Kemendagri RI menyebut, PPID mengelompokkan pelayanan informasi publik dalam empat kategori meliputi, informasi wajib disediakan secara berkala, informasi diumumkan serta merta, informasi yang wajib tersedia setiap saat, dan informasi yang dikecualikan.

Atas pelaksanaan sosialisasi dan bimtek, Kepala Bidang Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informasi Kemendagri RI itu berharap Pemerintah Kabupaten Gorontalo dapat menyajikan informasi publik yang sejalan dengan ketentuan PPID.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Ir. Hadijah U. Tayeb, MM, selaku atasan PPID memberikan arahan kepada PPID Pembantu.

 

Pelaksanaan kegiatan selama dua hari diwarnai dengan quiz dan bonus dari Bank SulutGo, masing-masing diserahkan Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo, Kadis Kominfo, dan Sekretaris Daerah Hadijah U. Tayeb yang menutup rangkaian kegiatan pada Jumat. (Jn)

Bagi artikel