Katalisator perumusan Gorontalo Emas 2045

Cita-cita Gorontalo Emas 2045 merupakan gagasan yang lahir pada pelaksanaan Silatnas III yang digelar The Presnas Center pada Juli 2021. Berbagai lapisan masyarakat memeriahkan momentum 20 tahun lahirnya Provinsi Gorontalo ini secara terpusat di RM Orasawa Limboto.

Puncak kegiatan tampak bermakna karena diwarnai dengan agenda rembuk Nasional yang melibatkan seluruh tokoh Gorontalo, terutama mereka yang berkiprah ditingkat Pusat, seperti, Bapak Sandiaga Uno, Bapak Suharso Monoarfa, Bapak Fadel Muhammad, serta segenap tokoh Gorontalo berpengaruh lainnya.

Walhasil, acara yang berlangsung secara terbatas karena pandemi tampak dilakukan secara daring agar terkesan lebih terbuka. Singkatnya, agenda ini layak diapresiasi karena berhasil melahirkan gagasan-gagasan universal, semangat dan komitmen untuk membawa daerah Gorontalo menuju puncak pada tahun 2045.


Sebagai tindak lanjut dari hasil rembuk Nasional di Silatnas III dan agar fokus pada konsep, The Presnas Center melakukan pendampingan terhadap penyusunan roadmap untuk semua bidang pembangunan. Kegiatan ini melibatkan pihak-pihak berkompeten dan dilakukan secara marathon di masing-masing bidang sehingga melahirkan blue_print sasaran Gorontalo Emas 2045. Secara menyeluruh, penyusunan roadmap masing-masing bidang dilaksanakan dengan pola yang terstruktur dengan cara melihat kondisi, peluang dan tantangan yang akan dihadapi dimasa akan datang.



Ketua Dewan Pembina The Presnas Center, Dr. Nelson Pomalingo, M.Pd yang terlihat aktif memfasiltasi setiap agenda penyusunan roadmap Gorontalo Emas 2045 mengungkapkan bahwa Gorontalo haruslah memanfaatkan peluang demografi yang dimiliki saat ini untuk menentukan pencapaian dimasa akan datang. Sehingganya setiap tokoh daerah Gorontalo yang memegang berkiprah di tingkat Pusat harus memainkan peran menjadi pendorong terwujudnya harapan rakyat Gorontalo pada tahun 2045.

Focus Group Disscussion Group (FGD) sektor lingkungan dan kehutanan yang digelar Rabu 14 Oktober 2021.


Jika ditilik, perumusan setiap sektor pembangunan yang melibatkan pihak-pihak berkompeten dibidangnya merupakan katalisator yang sangat menentukan nasib rakyat Gorontalo melalui kebijakan yang ditargetkan dalam Gorontalo Emas. Maka untuk menyusun tonggak cita-cita luhur tersebut tentunya wajib memenuhi unsur-unsur perumusan yang searah dengan pedoman-pedoman perumusan kebijakan Nasional, termasuk bagaimana melahirkan produk rumusan yang elastis agar hasil rumusan tetap selaras walau pun lahir kebijakan-kebijakan baru dimasa akan datang.


Tentu saja ikhtiar dengan memperhatikan pedoman penyusunan produk roadmap sesuai bidang-bidang dan juga elastisitasnya itu, menjadi tindak antisipatif dalam menghadapi timbulnya tantangan perwujudan Gorontalo Emas 2045, sekaligus bisa melahirkan keterpaduan dan keselarasan pada masing-masing bidang dengan arah pembangunan Nasional.

Oleh: Zulkifli A. Mile, S.A.P.

Bagikan artikel: