Kejaksaan Kabupaten Gorontalo musnahkan babuk, ribuan botol miras dilindas

LIMBOTO – Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo memusnahkan barang bukti dan melindas ribuan botol minuman keras (miras) hasil sitaan yang dilakukan beberapa waktu sebelumnya. Barang bukti lain dimusnahkan juga terdiri dari panah wayar, palu, lilang, dan sabu-sabu.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo, Dr. Supriyanto, SH, MH, menjelaskan pemusnahan babuk itu sebagaimana amar putusan dan di inventarisir sehingga wajib dimusnahkan agar tidak bisa di manfaatkan, apa lagi disalahgunakan.

 

“Salah satu amar putusan memerintahkan penuntut umum untuk memusnahkan barang bukti itu adalah perkara yang di sidik oleh beberapa lembaga, antara lain Polda, Polres, BNN dan Balai POM dan mungkin ada beberapa penyidik lainnya, dan pada kesempatan siang ini semua kita kumpulkan kita inventarisir dan kita musnahkan supaya barang bukti tersebut segera tuntas dan tidak disalahgunakan oleh siapapun”, jelas Supriynato,  usai pemusnahan babuk, Senin (27/8).

Barang bukti yang dimusnahkan di halaman kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo itu  merupakan barang bukti tindak pidana pelanggaran undang-undang narkotika sebanyak 12 perkara, barang bukti tindak pidana perjudian sebanyak 3 perkara, barang bukti tindak pidana pangan sebanyak 1 perkara, barang bukti tindak pidana pelanggaran peraturan daerah Kabupaten Gorontalo sebanyak 1 perkara, barang bukti tindak pidana darurat 12 belas, dan barang bukti tindak pidana pencurian sebanyak 1 perkara.

Untuk pemusnahan barang bukti miras, pihak Kejaksaan telah melindas ribuan botol dengan sebuah alat berat. Olehnya Kajari Suprianto berharap kegiatan itu akan memberi efek jera bagi para pelaku, utamanya para penjual/pengedar minuman keras.

Pemusnahan babuk oleh Kejaksan turut disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Ketua DPRD, Waka Polres, Dandim 1314, Kepala Lapas, Balai BPOM, BNN dan segenap kepala OPD. (*)

Bagikan: