Kadis Kominfo Haris Tome Perkenalkan SiPARDI ke pelaku UMKM

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo Haris Suparto Tome.

LIMBOTO – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gorontalo, Haris Suparto Tome, mengutarakan, belanja online kini menjadi alternatif, bahkan tren dilakukan sebahagian besar masyarakat untuk mendapatkan barang kebutuhan. Cara mendapatkan belanjaan lewat online itu, jelas dia, lebih dominan didorong oleh kesibukan, atau pun pembeli tak mau repot mencari barang yang diinginkan.

“Karena kemudahan itu maka orang mulai terbiasa belanja online”, ungkap Haris Tome kala memaparkan strategi yang ditempuh Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam menyikapi pemenuhan kebutuhan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 pada acara yang digagas BRI Cabang Limboto tentang podcast digitalisasi UMKM, di ruang Prioritas Kancab BRI, Rabu (15/7/2020).

Kegiatan yang diikuti para pelaku usaha mikro kecil menengah itu menghadirkan pemateri lain, masing-masing Kepala Kancab BRI Limboto Nanang Setiawan, dan praktisi startup Eko Nasaru.

Haris menerangkan, bahkan di era New Normal virus Covid-19 masih mewabah di Gorontalo. Hal itu terlihat dari bertambahnya jumlah pasien baru secara signifikan.

”Apalagi dimasa Pandemi Covid-19 saat ini yang masih terus mewabah dan tidak diketahui kapan akan berakhir, sehingga keresahan warga yang masih akan terjangkit akan virus ini masih sangat tinggi,” paparnya.

Atas kondisi itu Haris merekomendasikan masyarakat untuk bijak berbelanja, yakni, mendapatkan kebutuhan barang dengan belanja melalui Sistem Pasar Rakyat Digital atau SiPardi.

SiPardi, sebut dia, sengaja dihadirkan Pemerintah Kabupaten Gorontalo sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir penyebaran Corona.

“SiPARDI membantu kita dalam memenuhi kebutuhan dengan meminimalisir keluar dari rumah untuk berbelanja, ke toko atau pun ke pasar. Disini nanti ada kurir yang akan mengantar barang dan menjemput pembayarannya,” ujar dia.

Untuk dapat memanfaatkan aplikasi SiPARDI, dijelaskan, pengguna cukup mendaftarkan diri secara gratis dan selanjutnya mengikuti petunjuk yang tersedia di menu aplikasi.

Pemanfaatan flatform aplikasi milik Pemda Kabupaten Gorontalo yang kini telah beroleh dukungan BRI itu di klaim tak jauh berbeda dengan aplikasi belanja online lainnya.

Sementara itu, Kepala BRI Cabang Limboto Nanang Setiawan, menyampaikan pihaknya telah menyambut baik hadirnya aplikasi SiPARDI.

”Makanya, saat aplikasi ini diluncurkan disaat Covid-19 kita langsung merespon baik apa yang menjadi program Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Kominfo. Apalagi program ini mendapatkan respon yang besar dari masyarakat, dan sejalan dengan apa yang telah kita programkan sejak 2018 dan 2019 kemarin,” terangnya. #

Bagikan artikel: