Kabupaten Gorontalo Himpun Data Terpilah Dukung Pembangunan Responsif Gender

PSX 20220712 161540
PSX 20220712 161540

LIMBOTO – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Gorontalo melaksanakan Workshop Data Terpilah Gender Tahun 2022. Menurut Kepala DPPPA, Femi Waty Umar, kegiatan ini untuk mewujudkan pengelolaan data dalam rangka mendukung pelaksanaan pembangunan responsif gender.

Kegiatan diikuti para Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (POKJA-GUB) se-Kabupaten Gorontalo, akan diselenggarakan dari tanggal 12 hingga 13 Juli 2022, di Cafe N Resto D’Qita Aja.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Dr. Roni Sampir nampak memberi apresiasi atas upaya yang diberikan untuk mewujudkan responsif gender. Workshop tersebut, kata dia, akan memberikan arah kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menentukan program kerja yang mendukung pengarus utamaan gender (PUG).

Pelaksanaan Pembukaan Workshop Data Terpilah Gender Kabupaten Gorontalo Tahun 2022 Foto: Kominfo

“Untuk membangun responsif gender memang kita memerlukan data terpilah. Ini syarat utama pelaksanaan analisis gender, utamanya dalam perencanan dan penganggaran yang responsif gender (PPRG), sehingga demikian OPD akan memiliki acuan untuk menetapkan kebijakan programnya,” kata Roni Sampir membuka kegiatan itu, Selasa (12/07/22).

Ia berharap workship tersebut akan menghasilkan perumusan anggaran responsif gender, dimana kebijakan pengalokasian anggaran disusun untuk mengakomodasi kebutuhan yang berbeda antara perempuan, laki – laki, anak, lansia dan distabilitas .

Roni menjelaskan, perwujudan data terpilah gender merupakan bentuk sinergitas yang perlu dilakukan untuk mengetahui trend perkembangan pembagunan gender di daerah ini.

“Mengidentifikasi perbedaan keadaan masyarakat dan mengevalusi interverensi pembagunan,” katanya.

Melalui staregi Pengarustamaan Gender, ia juga berharap kedepan Kabupaten Gorontalo akan benar-benar mengintergrasikan keadilan dan kesejateran bagi para gender, khususnya melalui kebijakan program kerja OPD sehingga dapat menjadi satu dimensi integral, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan hingga evaluasi pembagunan.

Pewarta: Riri Lihawa
Editor: Zulkifli Mile

Artikel ini dapat dikutip seutuhnya dengan syarat mencantumkan link sumber: https://gorontalokab.go.id.

Bagikan artikel:

Berita lainnya...

Kategori Pemberdayaan

FACEBOOK PAGE