Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango Bersiap Gelar Festival Kabupaten Lestari ke-4

LIMBOTO – Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango akan menyelenggarakan Festival Kabupaten Lestari (FKL) yang akan berlangsung 26-28 November 2021. Ini merupakan kali pertama FKL diselenggarakan di dua kabupaten sekaligus. Karena dalam situasi pandemi COVID-19 ini, acara pun dilaksanakan secara ‘hibrida’, dengan perpaduan antara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan _tatap muka).

Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango menjadi tuan rumah festival tahun ini, menyusul Kabupaten Sintang (2020), Kabupaten Siak (2019), dan Kabupaten Musi Banyuasin (2018). Festival Kabupaten Lestari merupakan perayaan bersama dan ajang promosi bagi kabupaten anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), serta mitra pembangunan, atas perkembangan implementasi visi ekonomi kabupaten lestari.

“Kabupaten Bone Bolango siap bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk menyukseskan Festival Kabupaten Lestari yang keempat. Kami berharap FKL dapat menjadi wadah promosi potensi kabupaten kami untuk menarik kerjasama multi-pihak dalam rangka menarik potensi investasi berkualitas untuk berbagai sektor prioritas yang mengedepankan aspek keberlanjutan,” jelas Hamim Pou, Bupati Bone Bolango pada keterangan yang diberikan saat peluncuran FKL 2021 di Bone Bolango, 29 September 2021.

“Untuk persiapan acara ini, kami memastikan seluruh pihak di Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango dapat berkoordinasi dengan baik agar acara FKL nanti berjalan dengan lancar. Rangkaian FKL ini kami harapkan dapat menjadi pengingat bagi seluruh lapisan mulai dari pemerintah kabupaten, pelaku usaha, hingga masyarakat untuk mewujudkan kabupaten yang berdaya saing dan lestari secara gotong royong,” ujar Nelson Pomalingo, Bupati Gorontalo.

Tahun ini, FKL mengusung tema “Merangkai Kembali Identitas Lestari”. Melalui tema ini harapannya seluruh rangkaian FKL – mulai dari pra-festival, festival, dan paska-festival – dapat mengajak masyarakat untuk bersama-sama mempelajari serta mengingatkan kembali mengenai sejarah dan kearifan budaya dalam melestarikan tanah air. FKL 2021 akan menampilkan beragam pertunjukkan seni serta acara menarik yang menambah pengetahuan seperti diskusi interaktif baik melalui daring maupun luring. Selain memperkaya jejaring, FKL akan menghadirkan diskusi-diskusi untuk berbagi cerita praktik baik maupun inovasi yang dilakukan untuk menginspirasi berbagai pihak untuk terus bergotong royong menyukseskan pembangunan lestari dengan memastikan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan terjaga.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dalam soft lounching FKL 2021

Dalam rangkaian pra-festival FKL, dua pemerintah kabupaten yang terletak di Provinsi Gorontalo ini juga menyelenggarakan “Sustainable Culinary Journey: Eksplorasi Rasa dan Budaya”. Kegiatan ini merupakan eksplorasi kuliner dan produk lokal oleh mitra restoran yaitu Kaum Restaurant dan Brookland Coffee, serta kanal YouTube yaitu MasakTV. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali ragam olahan makanan dan minuman yang bahan-bahannya berasal dari ekosistem yang terjaga. Mulai dari proses pengolahan hingga sejarah dan cerita unik dibalik setiap makanan dan minuman yang diolah.

Pada peluncuran FKL 2021 ini, Kaum Restaurant Jakarta dan Brookland Coffee melakukan demo masak dengan kreasi menu baru yang terinspirasi dari kuliner wilayah Gorontalo dan Bone Bolango. Selanjutnya Kaum Restaurant dan Brookland Coffee juga akan menjual menu baru yang terinspirasi dari kuliner lokal dua daerah tersebut di tempat masing-masing. Sedangkan MasakTV akan mempromosikan jenis-jenis kuliner khas Gorontalo dan Bone Bolango di kanal YouTube dan sosial medianya dalam rangka menjaga tradisi makanan dan keragaman bahan pangannya.
Selain Sustainable Culinary Journey, FKL juga sudah memulai rangkaian acara pra-festival dengan beragam acara seperti webinar Harmoni dari Desa Lestari: Nostalgia Kala Nanti, UMKM Fair 2021, hingga pelatihan anak muda dengan komunitas Gorontalo & Bone Bolango.

*/Diskominfo

Bagikan artikel: