Kabupaten Gorontalo akan mengaplikasi teknologi peternakan di kawasan padang penggembalaan

LIMBOTO – Setelah menentukan lahan seluas 104 hektar untuk padang penggembalaan di Desa Motoduto Kecamatan Boliyohuto, Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan juga bakal menenerapkan teknologi peterenakan dikawasan itu.

Sekretaris Daerah Hadijah U. Tayeb berharap kawasan padang penggembalaan akan memfasilitasi kebutuhan para peternak dalam meningkatkan kualitas dan pengembangbiakan.

Padang penggembalaan dirancang untuk penguatan terhadap target Kabupaten Gorontalo menjadi kawasan lumbung ternak. Sesuai rencana, program ini pun mulai eksyen tahun depan.

“Kawasan ini akan memicu ternak dapat tumbuh subur, tumbuh bagus, dan sehat ternak-ternaknya,” kata Sekda Hadijah dalam wawancara dengan sejumlah awak media, Kamis (12/9), usai rapat evaluasi yang berlansung di ruang Madani Kantor Bupati.

Dengan program ini, kata dia, pengembangan ternak di Kabupaten Gorontsli akan mendapatkan pendampingan secara intens dari tenaga ahli atau penyuluh.

Dikesempatan sama usia rapat itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo, Ir. Femywati Umar, menjelaskan, pihaknya telah menentukan lokasi dan mendapatkan lahan sekitar 104 hektar yang akan dijadikan model padang penggembalaan rakyat.

“Program ini juga merupakan salah satu program untuk menggenjot 1 juta ternak di Kabupaten Gorontalo,” ungkap Femy optimis sektor peternakan ini segera memiliki varietas ternak beragam sehingga Kabupaten Gorontalo akan kawasan percontohan.

Saat ini Dinas Peternakan dan Keswan  tengah menyusun agenda agar pelaksanaan program di padang penggembalaan akan maksimal.

Bagikan: