Pemerintah Kabupaten Gorontalo

Kabgor Mulai Lakukan Pengembangan Bawang Putih

KABGOR-Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo, Selasa (23/3/2021) kemarin melakukan Kegiatan penanaman perdana bawang putih, yang berlokasi di Demplot Penanaman Bawang Putih IFS di Desa Balahu Kecamatan Tibawa.

Nelson mengatakan kegiatan ini potensi pertanian di Gorontalo luar biasa, sekaligus memulihkan ekonomi di era pandemi ini. Bawang putih sendiri dipilih karena sampai saat ini Indonesia, walaupun dikenal dengan daerah pertanian ternyata masih mengimpor bawang putih, termasuk bawang merah.

“Nah kami ingin membuat terobosan, melakukan uji coba kerja sama dinas pertanian dengan UPTP, khusus untuk penanaman bawang putih di daratan rendah,” ujar Nelson.

“Kalau ini sukses, maka kita akan masifkan di seluruh daerah,” lanjut dia.

Tentunya sambung Nelson, jika program ini sukses maka harus dipublikasikan. Sehingga praktik yang baik itu bisa ditiru daerah lain. Karena itu, Pemkab juga menandatangani kerja sama dengan MNC grup.
“Agar titik awal yang baik ini, diberi semangat pada kami. Jika hasilnya baik bisa dipublikasi ke luar,” tuturnya.

Terpilihnya Kabupaten Gorontalo dalam pengembangan bawang putih, selain karena lokasinya representatif juga karena adanya dukungan penuh dari pemerintah.

“Pemerintah di sini sangat tanggap dengan teknologi, melakukan kajian ini kita akan mengurangi impor,” tutur”, Kepala BPTP Provinsi Gorontalo Amin Nur. (*)

Bagikan artikel:
error:
Secured By miniOrange