Investor Asal Jepang Tawarkan Kerjasama Pengembangan Kakao di Kabupaten Gorontalo

PSX 20220727 195053
PSX 20220727 195053

LIMBOTO – Perusahaan asal Jepang Kanematsu Corporation, tertarik dengan potensi Kakao di Kabupaten Gorontalo. Perusahaan asal negri matahari terbit itu datang bersama perusahaan nasional, Gobel Group, Rabu (27/07/2022). Mereka menawarkan kerja sama kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Kedatangan Kanematsu Corpotation dan Gobel Group diterima Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo didampingi Sekretaris Daerah Roni Sampir dan Pimpinan OPD terkait di ruang Madani.

Pada kesempatan itu, Bupati Nelson menyampaikan pegembangan budidaya tanaman kakao di Kabupaten Gorontalo sedikit berbeda dengan daerah tetangga, seperti Kabupaten Boalemo dan Pohuwato. Sebab lahan perkebunan di daerah ini, kata Bupati, lebih dominan dimanfaatkan masyarakat untuk komoditi jagung, kelapa, cengkeh dan kopi.

Penyerahan Cendra Mata oleh Perusahaan asal Jepang Kanematsu Corporation Kepada Pemkab Gorontalo diterima Bupati Nelson Pomalingo foto: Kominfo

“Untuk budidaya tanaman kakao sendiri belum banyak diminati di kalangan masyarakat Kabupaten Gorontalo, sebab menurut mereka memeliharanya lebih susah dibandingkan dengan budidaya tanaman lain,” ucap Nelson.

Namun dirinya mengatakan melalui Dinas Pertanian untuk melakukan identifikasi pembinaan kepada para petani di Kabupaten Gorontalo, karena telah dipasarkan di beberapa outlet mini market serta beberapa coffee shop di Tokyo, Jepang.

Bupati Nelson Didampingi Sekda Roni Sampir serta Pimpinan OPD melakukan Foto bersama dengan Perusahaan asal Jepang Kanematsu Corporation dan Gobel Group

“Misalanya ada lahan untuk bisa dilakukan pengembangan, karena keutungan dari budidaya tanaman kakao ini harganya lebih tinggi dan pendapatan terjadi peningkatan,” kata Nelson.

Selain itu tambah Nelson, pihaknya telah menuangkan pada RPJMD Kabupaten Gorontalo yakni adaptasi perubahan iklim yang merupakan bagian dari program unggulan.

“Olehnya Pemerintah Daerah mendorong sektor pertanian diwilayah pertanian untuk tanaman perkebunan,” pungkasnya.

Liputan: Riri Lihawa
Pewarta: Zulkifli Mile

Artikel ini dapat dikutip sepenuhnya dengan syarat menyertakan link sumber https://gorontalokab.go.id

Bagikan artikel:

Berita lainnya...

Kategori Pemberdayaan

FACEBOOK PAGE