Haris Tome : Hoax mengaburkan kebenaran fakta dan sangat merugikan

LIMBOTO – DISKOMINFO. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gorontalo, Haris Suparto Tome menekankan hoaks bersifat mengaburkan kebenaran fakta dan sangat merugikan korbannya. Karena itu, kata dia, hoaks harus dihindari. “Jangan menyebar hoaks karena sangat merugikan,” ujar Haris ditengah materinya pada sosialisasi disinformation bagi aparat, yang diselenggarakan Mahasiswa KKN Universitas Negeri Gorontalo, di aula Kantor Desa Haya-Haya, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Selasa (26/10/2021).

“Semua kita tahu hoaks adalah kebohongan karena mengaburkan kebenaran fakta dan sangat merugikan korbannya. Lebih parah lagi jika hoaks itu berimbas kepada ketentraman publik,” jelasnya.

Hingga kini, kata Haris, sudah ribuan berita atau informasi bersifat hoaks yang menyerang Pemerintah dan terus diklarifikasi Kementerian Kominfo RI. “Bahkan penyebaran hoaks ini menyebar cepat melalui media sosial,” ucapnya.

Pada kesempatan itu Haris Tome mencontohkan berbagai kasus hoax yang sangat merugikan. Karenanya ia meminta, para peserta yang mengikuti sosialisasi tersebut harus menjadi pelopor untuk mengantisipasi penyebaran hoaks. “Saring dulu sebelum disharing. Amati dulu kebenarannya, pentinga atau tidakkah sebuah infomrasi kita sebarluaskan”, katanya.

*/Kominfo

Bagikan artikel: