Hadija Tayeb: “KTP Sangat sangat dibutuhkan dalam keseharian”

LIMBOTO – Sekteraris Daerah Kabupaten Gorontalo menekankan setiap individu akan sangat membutuhkan kartu tanda penduduk atau KTP dalam kehidupannya. Oleh sebab itu semua wajib KTP di wilayah Kabupaten Gorontalo diharapkan untuk mengantongi KTP.

“Tahun 2024 nanti kita akan melaksanakan Pileg mulai dari DPR Pusat, DPR-RI, DPD, DPR Provinsi atau Kabupaten bahkan Pilpres dan Pilgub itu akan serentak dilaksanakan pada tahun 2024. Dasarnya semua itu adalah KTP,” kata Hadija U. Tayeb membuka kegiatan forum komunikasi publik review standar pelayanan adminduk diselenggarakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo yang dirangkaikan dengan sosialisasi percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat yang belum memiliki NIK, di Resto Saung Kecamatan Telaga Biru, Senin (30/8/2021).

Kebutuhan lain terhadap KTP, ia mencontohkan, dalam penyaluran bantuan untuk masyarakat yang tergabung dalam kelompok usaha rakyat (KUR), hal yang paling dibutuhkan dalam pengurusannya adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertuang dalam KTP.

Melihat pentingnya KTP, maka masyarakat pun diharapkan untuk menghindari mengurus identitas diri nanti pada saat kepepet.

“Nah, oleh sebab itu semua wajib KTP di negara Indonesia diharapkan memiliki. Kami banyak pengalaman dengan KTP ini, orang yang belum punya, nanti sudah saat penting sekali barulah dia mengurus KTP, kemudian kalau sesampai itu nanti disalah-salahkan lagi pemerintah, ternyata pelayanannya lambat dan lain sebagainya padahal mereka sendiri yang tidak mau mengurus nanti sudah kepepet,” beber Hadija.

Ia menjelaskan, saat ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo terus memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan cara meningkatkan sistem administrasi pelayanan yang telah terkoneksi secara online.
“Dulu semua itu manual (pelayanan administrasi penduduk), sekarang sudah mulai bertahap diperbaiki, dilengkapi”, tutupnya.

(Kominfo/Roma/Prio/Jn)

Bagikan artikel: