Festival Apangi Didorong Jadi Tradisi Muharram. Agenda Wisata Baru di Kabupaten Gorontalo

PSX 20220814 092641
PSX 20220814 092641

LIMBOTO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo mendorong Festival Apangi agar menjadi tradisi baru pada setiap perayaan 10 Muharram (hari ‘Asyura). Momen ini diharapkan menjadi icon wisata baru di daerah ini.

“Jadi, se Kabupaten Gorontalo akan dibuatkan serentak dengan hari yang sama untuk dilaksanakan Festival Apangi. Dimulai dari seluruh Desa yang ada di Kecamatan Limboto Barat,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Roni Sampir saat membuka Festival Apangi yang diselenggarakan Remaja Mesjid kerja sama dengan Karang Taruna Nusantara Desa Padengo, di Desa Padengo Kecamatan Limboto Barat, Sabtu (14/8/2022).

Sekda Roni Sampir saat membuka Kegiatan Festival Apangi yang diselenggarakan Remaja Mesjid kerja sama dengan Karang Taruna Nusantara Desa Padengo

Bakal dijadikannya kegiatan tersebut sebagai agenda wisata daerah, maka partisipasi masyarakat di Kecamatan Limboto Barat pun diharapkan, sehingga event tersebut menjadi lebih bergengsi.

Penyelenggaraan Festival Apangi memperingati Tahun Baru Islam 10 Muharram 1444 Hijriah di kecamatan ini berlangsung meriah dipadati warga. Beragam variasi kue Apangi (apem) ditampilkan berjejer di meja-meja berderet panjang dan dinikmati bersama oleh masyarakat di lokasi perhelatan.

Penyelenggaraan Festival Apangi merupakan potensi wisata yang berimbas pada meningkatnya daya beli. Karena dilihat dari segi penyediaan bahan baku, bahan pembuatan kue ini bisa di dapat di toko dan kios-kios.

“Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah mencanangkan, tahun ini adalah era kebangkitan, salah satunya bidang ekonomi pasca pandemi Covid-19,” lanjutnya.

Disisi lain, Festival Apangi akan diwacanakan dalam rapat pimpinan daerah. Kegiatan ini diharapkan segera masuk dalam daftar event wisata Kabupaten Gorontalo.

(Artikel ini dapat dikutip seutuhnya dengan syarat mencantumkan link sumber https://gorontalokab.go.id.)

Liputan: Riri Lihawa
Pewarta; Zulkifli Mile

Bagikan artikel:

Berita lainnya...

Kategori Pemberdayaan

FACEBOOK PAGE