Evaluasi RPJMD, Pembangunan 5 Tahun Capai Prestasi yang Gemilang

KABGOR – Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo memberikan sambutan pada kegiatan Evaluasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gorontalo Tahun 2016-2021. Berlangsung di Ballroom Hotel Aston Kota Gorontalo.

Foto : (DiskominfoKabgor)

Bupati Nelson Pomalingo dalam sambutannya menyampaikan, capaian kinerja ini melainkan bukan kinerjanya sendiri namun kinerja kita semua baik kolaborasi antara DPRD, Forkopimda, OPD, Kecamatan, Desa dan dukungan masyarakat Kabupaten Gorontalo.

“Evaluasi RPJMD rutin kami laksanakan setiap tahun, namun di tahun 2021 merupakan hal yang spesial dan kita membudayakan laporan berdasarkan data. kadang kalau hanya berdasarkan rasa. Karana dalam membuat laporan atau evaluasi,” ungkap Nelson.

Sehingga objektivitas lanjut Melson dalam menilai mana kelebihan maupun kekurangan. laporan seperti dilakukan per bidang yakni, pemerintahan disebut dengan LKPD. Pemerintah Kabupaten Gorontalo pada tahun kemarin masuk dalam 15 besar Kabupaten/Kota di Indonesia dalam penyampaian LKPD.

Kemudian laporan keuangan di setiap tahun dinilai oleh BPK dari tahun ke tahun terus meraih Opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) sebagai sistim pengelolaan keuangan yang baik, selain di sisi pembangunan ada yang di sebut LKPJ.

Dilakukan pada setiap masyarakat dan DPRD dilakukan penilaian sebagai mitra Pemerintah Daerah, selain itu Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) bagian laporan secara langsung di minta fedbeck, sehingga secara bertahap melakukan perbaikan-perbaikan.

Untuk tahun 2020 agak berbeda hal yang terjadi karena covid-19 di recovusing, menjadi beban daerah pada tahun 2020 selain pelaksanaan Pilkada. melihat RPJMD hal yang menarik adalah indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Gorontalo terus mengalami peningkatan.

IPM sendiri menjadi ukuran pembangunan daerah dibandingkan dengan daerah lain agak naik sedikit bagus di akibat pendidikan rata – rata SD karna IPM indikatornya ada tiga ekonomi, kesehatan, SDM tetapi menjadi.

untuk mengubah pendidikan menjadi SMP sampai SMA butuh proses panjang bisa di bandingkan dengan daerah lain, Pemkab termasuk daerah yang 65% SDM. pertumbuhan di Kabupaten Gorontalo terus naik walaupun sesuatu dilakukan dalam kondisi perekonomian akibat pandemi.

“Paling menarik pemerataan pembangunan walaupun punya pertumbuhan tidak terlalu baik, namun di sisi lain pemerataan baik masalanya infrastruktur di Mohiolo hampir sama dengan di Limboto Barat dipengaruhi adanya dana desa. Serta anggaran daerah diperuntukkan di masing-masing desa,” beber Nelson.

Kemudian untuk Pengangguran dan kemiskinan terus menurun, jadi pemberitaan begitu baik juga kemiskinan terus menurun. dengan angka 21,8% jadi 17, 56% hampir 1 persen setiap tahun, dilihat di tingkat provinsi Kabupaten Gorontalo sangat besar.

Berbagai Aspek daya saing daerah terus naik dengan indeks 52%, nilai jual petani naik dan presentasi konsumsi non pangan naik. momen ini menjadi input RPJMD 2021-2026 menjadi modal ke depan melalui data.

“Oleh karena itu saya sampaikan kepada Bappeda RPJMD 2021-2026 segera di dalami di rancang juga mengadopsi bukan hanya bupati terpilih baik tidak sehingga pemikiran pembangunan daerah ini semakin baik ke depan,” lanjut Nelson.

“Serta harapannya adanya kolaborasi, kerja sama dilaksanakan dengan baik serta untuk 2021-2026 bisa l3bih meningkat lagi sepeti diharapkan oleh masyarakat Kabupaten Gorontalo,” tambah Dia lagi.

Kepala Bappeda Cokro Katili Evaluasi RPJMD sebagai bahan penyusunan RPJMD Kabupaten Gorontalo untuk periode 2021-2026 setelah Bupati Gorontalo dilantik secara resmi.

“Alhamdulillah kami mengevaluasi RPJMD 2016-2021 per 31 Desember 2020 walaupun masih ada 1 tahun namun merupakan awal dari RPJMD berikutnya,” ujar Cokro.

Dari Evaluasi, terdapat Tiga OPD yang mempunyai 3 capaian tertinggi baik jumlah dan nilai bobot serta tingkat kesulitan dari indikator yang di paparkan oleh Bupati Gorontalo.

Tiga OPD tersebut meraih predikat gemilang yaitu, Gemilang Pertama Dinas Kesehatan, Gemilang kedua Dinas PUPR dan Gemilang ke tiga Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo. (Bidang IKP Diskominfo Kabgor)

Bagikan artikel:
Secured By miniOrange