Tiga Rumah Sakit Terapkan Sistem Pembayaran Global Budget

LIMBOTO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menyambut penerapan sistem pembayaran global budget dari BPJS Kesehatan yang akan diujicobakan di tiga rumah sakit di Kabupaten Gorontalo.

Dengan begitu, dibutuhkan komitmen dari  pihak terkait untuk menyukseskan sistem pembayaran Global Budget agar program ini berjalan efesien.

Dengan menerapkan Global Budget, peningkatan layanan kesehatan di Kabupaten Gorontalo bisa dijamin akan lebih baik, apalagi Kabupaten Gorontalo memiliki cakupan wilayah yang cukup luas dengan jumlah penduduk yang sangat besar di Provinsi Gorontalo.

Hal itu terungkap dalam sambutan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo pada agenda penyerahan secara simbolis dana pengembangan sistem pembayaran Global Budget kepada tiga rumah sakit di Kabupaten Gorontalo bertempat di Ruang Madani, Jumat, (08/10/2021).


Bupati Nelson mengungkapkan, dari segi fasilitas kesehatan, Kabupaten Gorontalo memiliki tiga rumah sakit, masing-masing, Rumah Sakit MM. Dunda Limboto, RS. Boliyohuto dan RS. Asri Ainun Habibi, sedangkan fasilitas lainnya berupa 22 puskesmas yang tersebar di 19 Kecamatan.

“Saya berharap semua pihak benar-benar meningkatkan keseriusan untuk mendukung program Global Budget ini agar bisa berjalan dengan baik. Terutama dengan melakukan langkah-langkah promotif, prepentif dan edukatif”, ujarnya.

Sementara itu, Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Resiko BPJS kesehatan Dr. dr. Mahli Ruby menyebut, sistem global budget itu dilakukan untuk mencari solusi atas tantangan keseimbangan antara mutu dan biaya pelayanan kesehatan.

“Global budget itu merupakan salah satu sistem pembayaran rumah sakit berdasarkan pada sejumlah besaran anggaran atau biaya dari hasil negosiasi yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, untuk jangka waktu tertentu dengan mempertimbangkan jumlah pelayanan dalam kurun waktu tiga tahun sebelumnya, rencana yang akan dilakukan dan kinerja dari rumah sakit tersebut”, ungkap Mahli.

Mahli menambahkan sistem global budget akan memberikan fleksibilitas bagi rumah sakit dalam melakukan pengeloaan dan restrukturisasi anggaran sesuai dengan prioritas kebutuhan serta keleluasaan dalam improvisasi pemanfaatan biaya pelayanan kesehatan demi meningkatkan kualitas layanan medis bagi para peserta JKN.

“Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya Pemerintah Kabupaten Kabupaten Gorontalo dan pihak rumah sakit atas komitmennya untuk menjadi kabupaten uji coba global budget,” tambah Mahlil.

Kedepan sinergi antara BPJS Kesehatan dengan pemerintah daerah senantiasa menghasilkan pengembangan sistem global budget tersebut sehingga berdampak kepada kemudahan peserta dalam mengakses pelayanan kesehatan Program JKN-KIS.

“Dengan adanya sistem pembayaran global budget ini kami berharap sistem pembayaran kepada fasilitas kesehatan khususnya rumah sakit dapat berjalan lancar, sehat serta seimbang dengan peningkatan mutu pelayanan,” pungkasnya.

*/Kominfo

Bagikan artikel: