Empat Desa Terapkan Silikon Desa

LIMBOTO, – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo meresmikan sistem layanan informasi dan komunikasi desa (Silikon Desa) yang merupakan perpaduan konsep berbasis teknologi dan komunikasi untuk memudahkan pelayanan publik di Kabupaten Gorontalo. Sistem yang merupakan program inovasi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo R. Azis Nurhamidin tersebut sebelumnya diajukan dalam kepesertaan pendidikan dan pelatikan kepemimpinan II Tahun 2017. Sedangkan lounching program tersebut dilangsungkan di kawasan obyek wisata Pentadio Resort, Kamis (8/6).

Hadirnya Silikon Desa itu pun diharapkan Bupati Nelson Pomalingo merata diseluruh desa. “Program inovasi ini harus berkelanjutan dan perlu diterapkan diserluruh desa. Langkah awalnya telah dimulai dari empat desa terlebih dahulu”, kata Bupati Pomalingo ditengah sambutannya pada lounching itu.

Empat desa yang disebut mulai memanfaatkan Silikon Desa masing-msaing, Desa Hulawa Kecamatan Telaga, Desa Pentadio Barat Kecamatan Telaga Biru, Desa Labanu Kecamatan Tibawa, dan Desa Tridharma Kecamatan Pulubala.

Penggagas Silikon Desa, R. Azis Nurhamidin, menjelaskan, sistem tersebut bertujuan mempermudah proses pelayanan publik di kantor desa yang selama ini masih sebatas memberikan pelayanan secara konvensional kepada masyarakat.Maka hadirnya sistem ini telah memberi gairah terhadap ketersediaan fasilitas layanan internet yang juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkomunikasi dengan pemerintah desa melalui website ataupun media sosial lainnya.

“Kegiatan ini juga tak lepas dari keterlibatan seluruh stakeholder baik OPD terkait, pihak kecamatan dan desa, perguruan tinggi, pengusaha dan masyarakat. Program ini pun beroleh apresiasi dari pihak DPRD Kabupaten Gorontalo”, ungkap Azis Nurhamidin. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *