Edaran Menpan antisipasi wabah Corona, ASN jangan salah tafsir

Bupati Nelson Pomalingo
LIMBOTO – Merebaknya wabah Corona hendaklah disikapi dengan bijak dan harus tetap waspada. Sehingganya demi menjaga kemungkinan terpaparnya virus mematikan yang telah menjadi isu internasional itu,  belakangan Menpan RI mengeluarkan edaran yang berisi arahan bahwa  ASN dapat bekerja dari rumah.
Arahan Menpan RI Tjahjo Kumolo tersebut diminta untuk tidak disalah tafsir oleh kalangan ASN.
Padaapel Korpri di halaman Kantor Bupati pada Selasa (17/3/2020), Bupati Gorontalo Prof. Dr. Nelson Pomalingo, M.Pd, meluruskan anggapan libur kerja atas Surat Edaran Menpan RI tersebut.
“Ada edaran dari Menpan ini harus kita tafsirkan dengan baik,” ucap Bupati Nelson sembari meminta Sekretaris Daerah meluruskan anggapan libur kepada ASN.
“Edaran itu bukan berati meliburkan tapi disitu dapat bekerja di rumah, jadi bukan diliburkan”, tegas Bupati Nelson.
Bilaada ASN yang ditentukan bekerja dari rumah, ASN tersebut diminta untuk melaporkan hasilnya kepada pimpinan atau pejabat berwenang.
Takhanya itu, ia pun menyebut ada beberapa kriteria orang bisa bekerja dari rumah, antaranya, orang yang kurang sehat dan juga orang yang wilayahnya terkena wabah seperti corona.,
Sebelumnya Menpan Tjahjo Kumolo dalam video conferencenya di Jakarta, Senin (16/3/2020), menegaskan, ASN yang bekerja dari rumah harus memenuhi kritria, seperti jenis pekerjaan yang dilakukan pegawai, dan kemudian dicermati pula peta sebaran Covid19 dilokasi pegawai tersebut.
TjahjoKumolo telah menegaskan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) baik pusat dan daerah untuk mengatur sistem bagi ASN yang bekerja dari rumah.
Disampingitu, Bupati Nelson menjelaskan, saat ini Pemerintah Kabupaten Gorontalo tak hanya diperhadapkan dengan masalah wabah corona, tetapi juga tengah mengantisipasi penyakit malaria yang setiap saat mengintai serta dapat menyebabkan kematian.
“Di Gorontalo tak hanya corona, ancaman lain adalah menyebarnya wabah DBD (malaria) yang juga ditangani. Kita di Kabupaten Gorontalo kemarin sudah rapat dan memebentuk gugus tugas”, kata Bupati Nelson.
#
Bagikan artikel: