Lompat ke konten

Pemerintah Kabupaten Gorontalo

Dukung Perhatian Pemerintah Terhadap Kebutuhan Anak. Prof. Fory Naway Galakkan DEKELA

PSX 20220625 115809

LIMBOTO – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Gorontalo membangun kerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dalam rangka mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak. TP. PKK bersama Dinas ini mencanangkan program Desa/Kelurhan Layak Anak (DEKELA) di desa-desa dan kelurahan-kelurahan.

Ketua TP. PKK Kabupaten Gorontalo, Prof. Fory Naway menjelaskan, program ini dibangun sebagai langkah partisipatif, uatamanya mendukung kepedulian Pemerintah Kabupaten Gorontalo terhadap perlindungan hak-hak anak di daerah ini.

Program Desa/Kelurhan Layak Anak (DEKELA) di Desa Pongongaila Kecamatan Pulubala

“Agar mereka dapat hidup tumbuh berkembang, dan berpartisipasi secara optumal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan,” jelas Ketua TP. PKK Kabupaten Gorontalo, Prof. Fory Naway, saat sosialisasi yang dilanjutkan dengan deklarasi DEKELA di desa Pongongaila Kecamatan Pulubala dan Desa Biluhu Timur Kecamatan Batudaa Pantai, pada Jumat (24/6/2022).

Ia menambahkan, DEKELA adalah langkah partisipatif dari Pengurus TP. PKK Kabupaten Gorontalo sebagai mitra Pemerintah Daerah untuk membangun pondasi yang kuat, dari tingkat bawah untuk pemenuhan dan perlindungan anak.

Bersamaan dengan deklarasi program tersebut, jajaran TP. PKK tampak mengagendakan sosialisasi UU Perlindungan Anak kepada masyarakat. Pada kesempatan itu juga dijelaskan indikator-indikator DEKELA kepada stakeholder yang sengaja dilibatkan demi suksesnya sasaran program ini dari tingkat bawah.

Program Desa/Kelurhan Layak Anak (DEKELA) di Desa Biluhu Timur Kecamatan Batudaa Pantai

“Mudah-mudahan ini dapat terlaksana dengan baik. Karena Komitmen ini sudah dibangun sejak tahun 2018 dan sampai saat ini tetap dilaksanakan untuk mewujudkan target persiapan penilaian Kabupaten Layak Anak,” ujar Fory Naway.

Untuk mewujudkan program DEKELA, jajaran TP. PKK Kabupaten Gorontalo yang didukung penuh Dinas PPPA Kabupaten Gorontalo tampak melibatkan berbagai unsur, seperti, unsur TNI, Polri, para Tenaga Kesehatan, Tenaga Pendidik, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat yang tentunya menjadi pemangku kepentingan.

Sementara itu, Deklarasi di Desa Pongongaila dan Biluhu Timur ditandai dengan pembubuhkan tanda tangan diatas baliho yang bertuliskan “Kami Masyarakat Desa dan Kecamatan Bekerjasama dengan Pemerintah dan Forum Anak Berkomitmen Melindungi Anak Dari Kekerasan Fisik, Psikis, Pelecehan Seksual dan Eksplotasi Anak Dalam Rangka Pemunuhan Hak Anak Menuju Masa Depan Gemilang Dan Mandiri.

Liputan: Irfan Mohamad, Pewarta: Riri Lihawa Editor: Zulkifli Mile

Artikel ini dapat dikutip seutuhnya dengan syarat mencantumkan link sumber: https://gorontalokab.go.id

Artikel ini dapat dikutip seutuhnya dengan syarat mencantumkan link sumber: https://gorontalokab.go.id

Bagikan artikel:
Secured By miniOrange