Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional, Sekda Ikuti Webinar dengan Kemendagri

KABGOR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Ir. Hadijah Tayeb mengikuti Webinar Sosialisasi Percepatan Pelaksanaan APBD 2021 dan Kemudahan Investasi di Daerah dalam rangka mendorong Pertumbuham Ekonomi di Daerah melaluI Video Conference dengan Kemendagri RI Rabu, (20/01/2020).

Ditemui usai mengikuti webinar, Sekda Hadijah Tayeb menyampaikan, webinar ini dilakukan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi akibat pandemi covid -19 se-indonesia.

“Sehingga Pemerintah Pusat memberikan arahan kepada Pemerintah daerah untuk bagaimana daerah imemberikan kemudahan-kemudahan, dalam memberikan peluang investasi baik itu UMKM dan juga pengusaha besar,” ujar sekda.

Melalui webinar tersebut, lanjut sekda, pemerintah berupaya menemukan solusi menaikkan pendapatan daerah dalam memberikan peluang masyarakat dalam berusaha, baik dari sisi kemudahan, pengurusan perizinan, seperti kemudahan di dalam hal pengurusan IMB dan lainnya.

Diharapkan, daerah dapat memberikan kemudahan sehingga investasi naik dan tentunya pertukaran ekologis dan kesejahteraan masyarakat bisa meningkat, diikuti dengan peningkatan peningkatan ekonomi daerah.

“Selain itu, batasan-batasan kepada pemerintah daerah Bagaimana pengelolaan keuangan daerah di tahun 2021 walaupun kita hanya mengutamakan untuk peningkatan ekonomi daerah tetapi yang paling utama itu adalah perhatikan tentang penangan vaksin,” tukasnya.

Lebih lanjut Sekda Hadijah menyampaikan, terkait vaksinasi covid-19 saat ini, Pemerintah Daerah memang sudah menyiapkan dana yang mulai dilakukan sejak dari hari Jumat (15/1/2021) kemarin.

“Sekarang vaksinasi telah berlangsung untuk para Nakes (Tenaga Kesehatan) dan ini masih diadakan oleh pemerintah pusat.

Sekretaris Daerah Saat Mengikuti Rapat Virtual Bersama Mendagri RI di Ruang Upango Badan Keuangan Foto : (Bidang IKP/Kominfo Kabgor)

Selanjutnya kami akan menunggu petunjuk dari pusat berupa surat edaran untuk pelaksanaan vaksinasi selanjutnya bagi masyarakat.

Apakah itu akan diadakan langsung dari pusat atau anggarannya akan dimaksimalkan di daerah, kita menunggu petunjuk. Yang jelas program pemerintah untuk vaksin masyarakat itu lakukan,” ujar Hadijah.

Terkait kebaikan investasi Kabupaten Gorontalo saat ini sambung Hadihah, pemerintah memandang bahwa memang ada penurunan dari pada usaha itu sendiri.

“Ya, walaupun di sisi lain investasi kita berikan kemudahan untuk berusaha bagi dunia usaha, maupun memberikan kemudahan serta diberikan dorongan,” imbuh sekda.

” Mungkin Secara pendapatan masyarakat itu menurun tetapi investasi yang ditanamkan di Kabupaten Gorontalo itu ada peningkatan dari tahun kemarin cuma sekitar 4,3 triliun beda dengan tahun kemarin hanya 1830 atau kurang lebih 2 triliun dengan memacu investasi dan pendapatan daerah”, tutupnya. (Bidang IKP Dinas Kominfo Kabgor)

Bagikan artikel:
Secured By miniOrange