Pemerintah Kabupaten Gorontalo

Doa Tolak Bala 4 Penjuru Di Gelar

LIMBOTO – Proses adat yang begitu sakral digelar dewan adat dan pegawai syara kabupaten Gorontalo bersama pemerintah daerah bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-76 Selasa (17/08/2021).

Proses dengan mengumandangkan adzan di 4 penjuru masjid itu sebagai usaha dan ikhtiar masyarakat lewat para pemangku adat, syara dan Pemerintah itu memilih 4 lokasi masjid di daerah Kabupaten Gorontalo.

Darisman Katili selaku pemangku adat dengan gelar ‘Bate Lo Limutu to Boungo’ mengatakan, adzan dan doa ini digelar serentak di 4 penjuru masjid bertepatan dengan sholat magrib.

“Kami memilih 4 penjuru itu mewakili 4 penjuru mata angin. Utara, Timur, Selatan dan Barat. Arah Timur kami memilih masjid dikeluarahan Hutuo, bagian Utara di Kelurahan Biyonga, Kelurahan Tenilo diwilayah Barat dan Selatan Masjid di keluarahan Kayubulan,” ujar Darisman.

Pemilihan masjid ini pun kata Darisman melalui rapat adat dan pegawai syara dengan memilih masjid masjid pusat kelurahan atau masjid Jami.

Pelaksanaannya seperti biasa. Adzan magrib namun usai doa sehabis adzan ditambah dengan doa tolak bala. Usai itu kata Bate Darisman dilakukan doa dan dzikir dengan membaca ayat ayat Alquran sebagai doa, dimulai dari Surat Al’waqiah, Arrahman, dan Yasinan. Kemudian kita iringi dengan doa doa yang insyaallah diizabah oleh Allah SWT.

Menariknya gelaran adzan 4 penjuru masjid ini oleh daerah baru untuk kedua kalinya digelar. Dan mungkin ini hanya di Kabupaten Gorontalo yang menggelarnya.

” Ya, itu pernah digelar oleh pemerintah dahulu kala disaat era kepemimpinan Martin Liputo. Ditahun tahun 1980an dan sama juga, kala itu terjadi wabah didaerah. Sehingga itu besar harapan kita lewat doa doa itu agar pandemi ini segera berakhir,” ujar Darisman.

Selebihnya Bupati Nelson Pomalingo sangat merespon hal ini, sebagai proses adat yang dilahirkan lewat musyawarah adat dan pegawai syara. Dan menariknya ini pernah digelar diera jaman 4 Bupati sebelumnya yakni diera Bupati Martin Liputo dan kini dimasa saya, Bupati (*)

Bagikan artikel:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Secured By miniOrange