Diskominfo Mantapkan Landasan Pengembangan TIK

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gorontalo tengah merampungkan landasan teknis implementasi pengembangan teknologi informasi dan komunikasi agar pembangunan TIK di daerah ini terlaksana secara terukur. Kegiatan yang juga bakal menjadi cetak biru tahapan tahapan-tahapan pengembangan TIK itu dilakukan bersama Balai Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDM Kominfo) Republik Indonesia, Manado.

“Penyusunan ini menjadi landasan atau blue_print bagi Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam pengembangan teknologi informasi kedepan,” tutur Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Drs. Hi. R. Azis Nurhamidin disela seminar penyusunan dokumen rencana induk TIK Kabupaten Gorontalo tahun 2018, yang berlangsung di ruang pertemuan Dinas Kominfo, Senin (2/7).

Ia menjelaskan untuk nilai investasi di bidang TI sangatlah tinggi, belim lagi adanya kecenderungan teknologi yang cepat absolut. Karena Dinas Kominfo, kata Azis, berupaya cermat menentukan langkah tepat dalam perencanaannya.

“Maka tanpa rencana induk TIK (RITIK), pengembangan TIK akan berjalan sendir-sendiri di tingkat satuan kerja, akibatnya semua tidak akan terintegrasi dengan baik, bahkan bisa saja terduplikasi karena pengarih kurang terkoordinasi antar organisasi perangkat daerah (OPD),” jelasnya.

Melalui penyusunan RITIK yang digelar Dinas Kominfo tersebut visi dan kepemimpinan TIK dirancang akan lebih jelas dan tidak terkesan ad-hoc. “Sehingga pada akhirnya peran dan manfaat TIK di Kabupaten Gorontalo akan berjalan secara efektif dsn efisien mendorong tata pemerintahan yang baik,” kata Azis.