Dinas Pendapatan Daerah Alternatif Tingkatkan PAD

Bupati Nelson Pomalingo menyatakan ia telah menekankan kepada Badan Keuangan akan membentuk Dinas Pendapatan Daerah jika sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak teroptimalkan. Menurutnya, masih banyak sumber PAD di Kabupaten Gorontalo yang belum digali, antaranya, pajak papan iklan atau reklame, ternyata masih banyak tidak dikelola.

“Kalau tidak, saya akan membentuk Dinas Pendapatan Daerah khusus membangun PAD kita, masih banyak sumber PAD yang belum kita gali dengan baik”, kata Bupati Nelson disela sambutannya pada agenda apel Korpri, Februari.

Pada kesempatan tersebut orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo ini menguraikan hasil capaian PAD dan langkah-langkah optimalisasi sumber daya alam dalam rangka kemandirian daerah. “Alhamdulillah beberapa tahun ini PAD naik mencapai 20 milyar rupiah, saya sudah meminta Dinas Keuangan ini konsisten”, ungkapnya.

Bakal dibentuknya Dinas Pendapatan Daerah sebagai alternatif untuk mengoptimalkan sumber PAD tersebut sepertinya bertujuan untuk mencambuk kinerja organisasi perangka daerah (OPD) terkait pengelolaan pendapatan agar memaksimalkan tugas pokok dan fungsinya.

Namun begitu ia bersyukur Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo telah mampu menunjukkan kinerja baik yang dibuktikan dengan naiknya anggaran pembangunan. Dimana pada tahun 2017 anggaran daearh hanya berkisar pada angka Rp. 2 Triliyun saat ini telah mencapai 1,5 Triliyun. (*)

Bagi artikel