Digadang Diskominfo, sejumlah OPD bangun komitmen tingkatkan Smart City di Kabupaten Gorontalo

LIMBOTO – Mewujudkan sebuah kota smart (smart city), Pemerintah tak harus memiliki sederet daftar aplikasi online, akan tetapi bagaimana sebuah daerah mampu menyederhanakan layanan secara efektif, efisien, sesuai kebutuhan masyarakat.

Demikian jelas Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Haris Suparto Tome, Rabu (18/9), ditengah pertemuan dengan lintas organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Gorontalo, dalam rangka membangun persepsi untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Ia berharap melalui rembuk yang digagas Diskominfo maka penerapan
smart city akan mengangkat nilai bagi daerah ini.

Peretemuan dibuka Sekretaris Daerah Hadijah Tayeb dan dihadiri pihak PT.  Telkomsel yang turut memperkenalkan sebuah fitur smart city.

Agenda yang berlangsung hangat juga menyentil kisaran anggaran yang diperlukan jika memaksimalkan layanan dengan dukungan aplikasi seperti halnya aplikasi PT. Telkomsel. Karenanya OPD yang hadir nampak akan  berupaya mendukung penerapan dan akan menggunakan fitur sesuai kebutuhan organisasi.

Besarnya komitmen OPD untuk mewujudkan smart city agar bisa memberi kemudahan layanan untuk masyarakat, nampak beroleh apresiasi Sekretaris Daerah Hadijah U. Tayeb. Menurutnya, kemudahan yang ditawarkan ity bukan lagi suatu kewajiban, namun sudah menjadi suatu kebutuhan penting dan harus disegerakan.

“Konsep-konsep seperti ini dibutuhkan, akan tetapi kita juga perlu memikirkan tingkat efisiensi, kedua, peningkatan pendapatan. Jangan sampai operasional alat lebih besar dari pada pendapatan daerah,” imbuh Hadijah.

Kepada OPD yang hadir ia menekankan tindak lanjut hasil pertemuan sehingga pondasi pelaksanaan smart city kedepan akan berjalan sesuai target.

Beberapa keunggulan yang bisa diperoleh jika menggunakan fitur dari aplikasi PT. Telkomsel antaranya kemudahan percepatan penerapan pengelolaan pajak dan retribusi atau Smart Tax.

Untuk saat ini Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo masih menjalani kerja sama dengan salah satu perusahaan terkair aplikasi smart city. Aplikasi dilabeli aplikasi Smart Gemilang Regency.

Bagikan: