Desa Pentadio Barat Kembangkan Layanan Berbasis IT

LIMBOTO – Beroleh dukungan dari Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo dan pihak Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Pemerintah Desa Pentadio Barat Kecamatan Telaga Biru nampak semangat mengembangkan fasilitas teknologi informasi bagi masyarakatnya. Sebut saja, aplikasi data penduduk online, jaringan hotspot gratis, serta adanya sajian informasi layanan publik melalui website kini disajikan secara presentatif dan terbuka, sehingga mudah diakses setiap warga yang membutuhkan.

Upaya pengembangan layanan berbasis IT di desa Pentadio Barat itu pun telah dilaunching Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Jumat (14/7), di aula kantor desa setempat. Bupati Nelson berharap sistem pelayanan model ini akan menjadi prototype bagi seluruh desa di wilayah Kabupaten Gorontalo.

“Kita patut bergembira telah meluncurkan kampung IT. Ini sangat penting dalam rangka efisiensi dalam mendukung percepatan pembangunan”, ujar Bupati usai launchiing.

“Nah hari ini kita mulai di desa Pentadio Barat, berkat kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Jadi pihak Kominfo sudah punya target pertama, tahun depan seluruh desa tidak lagi blackspot, semua punya jaringan IT,” tambahnya.

Adanya ketersediaan hotspot gratis di desa itu diharapkan dapat dimanfaatkan secara positif oleh masyarakat. “Kita perlu melihatnya dari sudut peningkatan efisiensi kehidupan, baik individu maupun kelompok. Karenanya melalui Kominfo kita didik masyarakat menggunakan teknologi untuk hal positif, kita buat apa yang disebut internet sehat,” jelas Bupati Nelson.

Kepala Dinas Kominfo, R. Azis Nurhamidin, mengatakan, perwujudan kampung IT dilaksanakan sesuai rencana strategi Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo. “Makanya untuk mendukung kinerja Pemerintah Desa diakukanlah kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk dari unsur perguruan tinggi,” jelasnya.

Azis berharap hadirnya teknologi informasi di desa maka Pemerintah Desa dapat menekan sistem layanan secara konvensional. (*)