Pemerintah Kabupaten Gorontalo

Desa Dulamayo Bakal Dicanangkan Menjadi Daerah Konservasi

LIMBOTO – Kabupaten Gorontalo bakal mempunyai kecamatan konservasi yang akan dibuat oleh Pemerintah Daerah. Kecamatan konservasi itu berlokasi di Desa Dulamayo Kecamatan Telaga.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Fadel Mohamad menyampaikan, pencanangan kecamatan konservasi itu dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Di kecamatan konservasi ini akan dilakukan penanaman berbagai buah-buahan,” ujar Fadel Mohamad. Minggu, (27/06/21) usai melakukan kunjungan kerja di Desa Dulamayo Utara.

Lanjut Fadel, hal ini sejalan dengan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang akan memberikan sumbangan berupa bibit tanaman.

“Tanah di Desa Dulamayo ini subur, berbukit, cocok untuk ditanami bibit buah-buahan,” tandasnya.

Sementara itu Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Rehabilitasi Hutan (PDASRH) Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KLHK), Helmi Basalamah mengatakan, pihaknya akan melakukan restorasi lingkungan dan ekosistem di daerah ini dengan menanam pohon serta memberikan bibit khsusnya buah-buahan .

“Pada tahap pertama sekitar 5000 bibit buah akan diberikan untuk Desa Dulamayo Utara,” katanya.

Pengembangan kawasan konservasi ini perlu dilakukan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menjaga ekosistem hutan tetap produktif,” bebernya.

Ditempat yang sama, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengungkapkan, kecamatan konservasi perlu dilakukan mengingat daerah ini memiliki iklim dan keunikan tersendiri.

“Wilayah ini akan menjadi sentral agrobisnis dan ekowisata di tahun-tahun yang akan datang,” tegas Nelson. (rif)

error:
Secured By miniOrange