Dalam rangka pencegahan dan percepatan penanganan Covid-19, mulai tanggal 04 April sampai dengan tanggal 24 Mei 2020 Pemerintah Kabupaten Gorontalo memberlakukan jam malam. Kebijakan ini dimaksudkan untuk membatasi aktifitas masyarakat mulai pukul 22.00 sampai dengan pukul 04.20 wita.

Informasi Covid-19 Kabupaten Gorontalo

Sumber data: Satuan Tugas Pencegahan dan Percepatan Penanganan Covid-19 Bidang Kesehatan Kabupaten Gorontalo.
Update: Kamis, 20 Mei 2020

0
POSITIF
0
ODP
1
PDP
0
SEMBUH
1
(ODP MENINGGAL)

Saat ini status Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertambah sebanyak 2 ORANG, sehingga Total ODP berjumlah 335 ORANG.
Sedangkan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) belum ada pertambahan, Total PDP berjumlah 28 ORANG.
Kasus Positif Terkonfirmasi (KPT) sebanyak 1 ORANG, dengan status pasien 09 Covid-19 Prov. Gorontalo

TIPS

Menjaga Imunitas dan menjalankan protokol kesehatan

Perbedaan usia setiap orang menentukan perbedaan waktu tidur yang cukup. Orang dewasa dan lansia dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam, remaja dan anak SD dianjurkan tidur selama 9-10 jam. Anak SD lebih dianjurkan untuk tidur selama 10 jam tiap harinya. Sedangkan anak prasekolah dianjurkan tidur selama 11-12 jam setiap harinya, lalu bayi dan balita dianjurkan untuk tidur selama 16-18 jam sehari.

Stres terjadi pada waktu lama akan menyebabkan tubuh melepaskan hormon kortisol yang akan menghambat pelepasan histamin dan respon peradangan untuk melawan zat asing. Sehingga orang yang mengalami stres kronis akan lebih rentan untuk terkena penyakit, seperti influenza, flu biasa, atau penyakit infeksi lainnya. Stres kronis juga membuat Anda lebih lama untuk sembuh dari sakit atau cedera.

Konsumsi Makanan yang Sehat
Pola hidup sehat berpengaruh membentuk tubuh yang sehat. Salah satunya memilih dan mengkonsumsi makanan sehat, sehingga makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh harus mengandung nutrisi dan gizi yang seimbang.
Selain itu, makanan tidak sehat terus menerus masuk ke dalam tubuh kita akan mengakibatkan tubuh rentan terserang berbagai penyakit, tubuh juga akan kekurangan gizi. Makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat mempengaruhi pola pikir yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan perkembangan otak.

Berjemur di sinar matahari
Pagi hari sebagai waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari karena kita bisa mendapatkan asupan vitamin D gratis secara alami.
Beberapa manfaat berjemur di bawah sinar matahari, antara lain:
1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
2. Memperkuat kesehatan tulang
3. Mengurangi depresi ringan
4. Meningkatkan kualitas tidur
5. Menyembuhkan penyakit kulit
Paparan sinar matahari yang didapatkan antara jam 10.00-15.00 dapat memicu produksi vitamin D, yang dapat bertahan dua kali lebih lama dalam darah, jika dibandingkan dengan vitamin D yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau makanan.

Cuci tangan merupakan program pengendalian infeksi. Hal ini berguna untuk menghindari penyebaran penyakit ke diri sendiri maupun orang lain. Ada 98 persen penyebaran kuman di tubuh bersumber dari tangan.
Selain itu membiasakan diri dengan menerapkan PHBS (pola hidup bersih dan sehat) dengan menjaga lingkungan merupakan hal yang sangat positif. Berikut beberapa tindakan yang wajib dilaksanakan untuk menjaga Kebersihan Lingkungan
1. Membuang sampah pada tempatnya
2. Menjaga kebersihan rumah
3. Meremukkan wadah plastik atau karton
5. Tutup saluran pembuangan/genangan air
6. Lakukan penghijauan, dan
7. Jangan ragu untuk memungut sampah di jalan

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memelihara kesehatan dan memperkuat otot–otot tubuh. Olahraga adalah cara alami menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Penelitian membuktikan, aktif bergerak setiap hari dapat menjauhkan dari risiko penyakit.