BWS akan ajukan Penanganan Banjir Kabupaten Gorontalo ke Pusat

LIMBOTO – Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II Gorontalo akan mengajukan kebutuhan anggaran penanganan banjir yang terjadi di Kabupaten Gorontalo. Hal itu terlihat dengan dilakukannya koordinasi Tim BWS Sulawesi II dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Selasa (5/10/2021).

Saat melakukan koordinasi, Tim BWS Sulawesi II diterima Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo. Ia didampingi Kepala Dinas PUPR dan Kepala BPBD, di ruang kerjanya, Selasa.

Sebelumnya, pengajuan proposal penanganan bencana banjir oleh BWS Sulawesi II memerlukan dukungan data dari usulan Pemerintah Daerah, utamanya menyangkut item penanganan bencana.

Maka sebagai bentuk suport, Bupati Nelson menyatakan pihaknya akan lebih cepat menyampaikan data yang diperlukan.

“Tentu kami segera menindaklanjuti dengan langkah mengidentifikasi semua lokasi yang terdampak banjir, untuk kemudian ditetapkan menjadi lokasi darurat bencana, juga kami segera mempersiapkan berbagai dokumen pendukung sebagai syarat administrasi yang diperlukan oleh BWS Sulawesi II,” ujarnya.

Sementara, Kepala Satuan Kerja OP SDA BWS Sulawesi II, Mohamad Isnain, pada kesempatan itu mengungkapkan teknis yang harus dipenuhi dalam penanganan banjir di Kabupaten Gorontalo.

“Karena ini tanggap darurat maka koordinasi ini merupakan proses menangani dengan anggaran yang cepat. Ada dua konsep, pengajuan penganggaran, yakni proses reguler dan tanggap darurat,” ujar Isnain.

Ia berharap proses tanggap darurat yang diajukan nanti akan segera disetujui Tim verifikasi Pusat.

Dengan demikian pekerjaan penanganan dan pemulihan akibat bencana banjir akan segera di kerjakan tahun ini juga.

*/Kominfo

Bagikan artikel: