Pemerintah Kabupaten Gorontalo

Bupati Nelson: Sisa 8.360 Vaksin, Minggu Depan Kita selesaikan

LIMBOTO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus berupaya menyelesaikan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Dari jumlah vaksin yang tersedia 58.350 dosis, Satgas Covid-19 Kabupaten Gorontalo telah menyuntikkan vaksin sebanyak 46.990 dosis.

Hal itu dijelaskan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dalam rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tingkat Provinsi Gorontalo dan diperluas melalui zoom meeting yang dipimpin langsung Gubernur Rusli Habibie, Jumat (23/07/2021).

“Dan sisa 8.360 insya Allah pada minggu depan kami akan selesaikan,” tandas Bupati Nelson.

Situasi perkembangan Covid-19 di Kabupaten Gorontalo dilaporkan masuk dalam level sedang, karena masih ada 9 desa zona merah yang kini masih dilakukan PPKM.

“Kasus Covid-19 di Kabupaten berjumlah 225 terdiri 11 terisolasi terpusat, isolasi mandiri ada 189 dan 55 berada di rumah sakit,” tambahnya.

Maka untuk menjaga stabilitas kebutuhan pokok masyarakat ditengah pembatasan, pada Juni, telah disalurkan bantuan sosial sesuai target, yakni sebanyak 43. 839 KPM BPNT dengan realisasi mencapai 42.729 penerima atau hampir 100 persen. Termasuk 23 ribu PKH dan 13 ribu BST. Sehingga total penerima bantuan berjumlah 37.500 penerima dan ditargetkan penyalurannya 100% selesai bulan Juli.

Sementara untuk pelaksanaan bantuan melalui refocusing anggaran dana desa, Bupati Nelson mengatakan, telah direalisasikan kurang lebih 50 persen dari anggaran dana desa. Pemanfaatannya dialokasikan pada pelaksanaan sosialisasi, peralatan kesehatan dan bantuan sosial di posko Covid-19 dan isolasi. Dalam rapat Forkopimda itu, Bupati Nelson juga mengungkapkan saat ini pihaknya tengah merampungkan pembayaran honor bagi para tenaga kesehatan hingga pekan depan.

Hingga bulan Juni 2021, dana refocusing Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang terserap dilaporkan telah mencapai 40 persen dan digunakan sesuai kebutuhan.

Bahkan ketersedian fasilitas untuk pasien Covid yakni di RSU Boliyohuto tersedia 50 kamar tidur dilengkapi empat ventilator. Pemkab Gorontalo juga menyediakan 3 ha lahan pemakaman jenazah yang mulai dimanfaatkan.

Upaya intens juga dilakukan dalam pencegahan penularan Covid-19, dimana satuan tugas terus membagikan peralatan berupa masker dan handsanitizer ke masjid-masjid, sekolah, puskesmas dan tempat umum.

Bupati Nelson juga menjelaskan dirinya terus berkoordinasi ke tingkat kecamatan

“Bahkan kami terus melakukan koordinasi melalui rapat Forkopimda dengan Camat, Danraml, serta Kapolsek,” ungkap Bupati Nelson.

(rif/jn)

error:
Secured By miniOrange