Bupati Nelson Sebut Desa Unit Terkecil Arena Politik, Sosial, Ekonomi dan Budaya

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut, desa merupakan unit terkecil arena politik, sosial, ekonomi dan budaya. Lingkungan sosial di desa, kata dia, memiliki nilai-nilai kekeluargaan, gotong-royong dan musyawarah. Karenanya desa yang mandiri dan rasional akan memberi dampak pada kehidupan yang lebih luas.

Hal itu dijelaskan Bupati Nelson saat mengukuhkan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) Tahun 2021, yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo, di Aula Kantor Pemerintah Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo, Selasa (13/9/2021).

“Dari desa tumbuh nilai-nilai kekeluargaan, gotong-royong dan musyawarah. Jika desa sudah mandiri dan rasional maka akan berdampak pada tingkatan yang lebih luas,” jelasnya.

Karenanya, pogram DP3 KPU, tambah Bupati, adalah salah satu program dalam pendidikan pemilih untuk mendorong masyarakat pemilih yang mandiri, cerdas, bertanggung jawab dan tumbuh kesadaran berpartisipasi aktif pada Pemilu dan Pemilihan 2024 mendatang.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas KPU, karena satu inovasi yang berbasis desa,” ungkapnya.

Maka dengan hadirnya program DP3 di desa, Bupati Nelson berharap pengembangan demokrasi di Kabupaten Gorontalo makin berkualitas, sehingga bisa melahirkan pemimpin-pemimpin yang akan berkiprah di daerah maupun Nasional.

“Tujuan dari pada pelaksanaan DP3 adalah melahirkan pemimpin yang amanah dimulai dari tingkat Desa, Kabupaten, Provinsi dan Nasional, baik di eksekutif maupun legislatif,” jelasnya.

*/Kominfo/Rif/Jn

Bagikan artikel:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •