Bupati Nelson inginkan BPD Optimal Dorong Pembangunan Desa

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Gorontalo, Astri Tuna, melantik BPD se Kecamatan Telaga di RTH, Selasa (14/7/2020)

LIMBOTO – Eksistensi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) diharapkan akan mendorong pembangunan desa. Sehingga demikian kemajuan desa pada berbagai sektor secara ril akan menjadi pemicu kualitas hidup masyarakat. Harapan ini diungkapkan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat menghadiri pelantikan pengurus BPD se kecamatan Telaga, Selasa (14/7/2020).

Menariknya, agenda pelantikan BPD di kecamatan ini berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH), yang merupakan taman kota dan berfungsi sebagai paru-paru kota di kawasan Telaga.

Terlihat, BPD terpilih di kecamatan ini dikukuhkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Astri Tuna.

Dipihak lain, Bupati Nelson menyatakan, BPD sebagai lembaga desa dalam menjalankan fungsinya jangan membatasi diri, atau sekadar menjadi aspirator semata. BPD, kata dia, harus reaktif dengan peran lain sebagai pengawas pemerintahan desa.

“Jika desa tidak diawasi, bisa mengakibatkan desa tidak terarah, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa salah”, kata Bupati Nelson.

Karenanya ia berharap BPD yang baru dilantik tersebut akan bersinergi dengan baik dengan kepala desa dalam membangun desa.

“Saya meminta BPD bisa menjadi wadah aspirator, juga mengawasi” katanya.


Sebaliknya, Kepala Desa juga diminta menjadi mitra yang baik bagi BPD. Sebab dengan Kemitraan , jelas Nelson, merupakan langkah strategis untuk mempercepat akselerasi desa dari segala sektor.

Orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo ini pun dengan tegas menyatakan langkah yang akan ditempuhnya untuk mendorong kualitas BPD agar lembaga desa itu optimal untuk kemajuan desa.

“Nah, nanti kita lakukan bimtek (bimbingan teknis) kepada BPD, sehingga mereka kerjanya baik, baik dalam fungsi selaku aspirator, perancang pembangunan desa, juga pengawas pembanguan desa,” jelas Nelson seusai agenda di ruang terbuka tersebut.

Hingga akhir kegiatan, proses pelantikan BPD se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo terpantau berlangsung aman dan sukses di saksikan oleh masyarakat, unsur Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan. #

Bagikan artikel: