Bupati Nelson Arahkan OPD Pembina Desa Fasiltasi Pelaksanaan Vaksinasi

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo menggelar rapat terbatas (ratas) untuk memaksimalkan capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Gorontalo.

Ratas tersebut digelar bersama para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) selaku penanggung jawab desa binaan, di ruang kerja Bupati, Senin (6/9/2021).

OPD Pembina Desa, kata Bupati Nelson, sudah seharusnya memfasilitasi dan memperhatikan setiap kegiatan vaksinasi di desa. Sehingganya pihak penyelenggara pun diharap untuk berkoordinasi dengan OPD pembina desa untuk capaian yang optimal.

Perlunya dukungan dan fasilitasi terhadap pelaksanaan vaksin itu, tambahnya, data capaian diharapkan akan terdata dengan baik. Maka dengan demikian, penentuan kebijakan oleh Pemerintah akan bisa ditentukan secara tepat.

Dipihak lain, pencapaian jumlah warga yang tervaksin nampaknya akan menjadi modal bagi Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk melangsungkan pembelajaran tatap muka (PTM).

“Olehnya Pemerintah Kabupaten Gorontalo dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka, melalui kerjasama tenaga pendidikan orang tua siswa dalam menyukseskan pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kabupaten Gorontalo” ungkap Bupati Nelson.

Ia berharap pelaksanaan vaksinasi, bisa berjalan optimal dan mencapai target 80 persen pada bulan November Tahun 2021. Karenanya, Pemerintah Daerah, tegas Bupati, akan melakukan tiga hal, pertama, pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan berbasis desa. Kedua, vaksinasi berbasis sekolah melalui Dikbud. Ketiga, vaksinasi berbasis komunitas dengan menghimbau seluruh organisasi mengambil bagian dalam berkontribusi dalam rangka optimalisasi vaksin.

“Maka seluruh sektor bergerak simultan sehingga target 80 persen pada bulan November vaksin di Kabupaten dapat tercapai”, ujarnya.

Sementara itu, Kaban BPBD Kabupaten Gorontalo, DR. Sumanti Maku, yang juga selaku Sekretaris Satgas Covid-19, mengungkapkan, secara Nasional Presedin RI akan melaksanakan pencanagan vaksin berbasis pesantren maupun masjid.

Maka pada tanggal 6-8 September Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Gorontalo, bersama jajaran TNI/Polri mulai melaksanakan vaksinasi yang dipusatkan di Mesjid Baiturahman Limboto.

“Olehnya semua mesjid dan jamaah dapat mengambil bagian dalam berkontribusi suksesnya pelaksanaan vaksinasi. Kemudian jajaran Kementrian Agama agar mengunakan semua perangkatnya dalam pelaksanaan vaksinasi baik pendidikan, mesjid, tempat ibadah dan pesantren”, pungkas Sumanti.

(Jn)

Bagikan artikel: