Bupati Gorontalo serahkan 170 Buku Tabungan Bantuan Perumahan

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyerahkan buku tabungan kepada 170 kepala keluarga penerima program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) se kecamatan Telaga dan kecamatan Limboto, di Gedung Kasmat Lahay, Selasa (7/2). Setiap rekening yang diserahkan masig-masing memiliki nilai sebesar Rp. 17.500.000.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Gorontalo, Doni Lahati, di Limboto, menjelaskan, kegiatan itu berupa penyerahan buku rekening tabungan, programnya menyentuh keluarga yang berpenghasilan rendah.

“Para kepala keluarga berpenghasilan rendah diberi bantuan stimulan berupa dana Rp. 17.500.000, bersumber dari dana alokasi khusus (DAK), anggaran tahun 2019 ini totalnya Rp. 13 Miliar. Ini untuk membangun rumah swadaya”, jelas Doni Lahati.

Ia menambahkan, program BSPS di Kabupaten Gorontalo menjadi bukti nyata keberpihakan Bupati Nelson Pomalingo untuk memberi keadilan bagi masyarakatnya. “Belum lagi progam penyediaan perumahan klasifikasi NP (nyaman – pantas) sangat berpengaruh dalam pengentasan kemiskinan”, tambah dia.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menyerahkan langsung rekening kepada 170 kk berpenghasilan rendah, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo awalnya menargetkan 2.500 unit rumah swadaya dari bantuan tersebut, namun ia mensyukuri sasaran tersebut ternyata sukses dilampaui sehingga jumlah masyarakat tersentuh BSPS di Kabupaten Gorontalo kini mencapai 7.000 unit. Bahkan pada tahun Bupati mengungkapkan akan menambah lagi 2.000 unit rumah.

“Pada RPJM kita targetkan 2.500 tapi sekarang rumah yang dibangun di Kabupaten Gorontalo ini sudah mencapai 7.000 rumah. Saya menargetkan tahun ini 2.000 rumah lagi yang akan dibangun,” ungkap Bupati  Pomalingo.

 

Pewarta: Johny Mile
Foto: Muhlis Ali

Bagikan: