Alami banjir berulang, Pemkab Gorontalo akan tangani komprehensif

LIMBOTO, – Bencana banjir yang terus berulang setiap tahun di wilayah Kabupaten Gorontalo membuat Pemerintah Daerah ini akan melakukan penanganan secara komperehensif. Demikian kata Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, saat meninjau lokasi banjir di kelurahan Bolihuangga Kecamatan Limboto, Sabtu (3/6). Pada kesempatan itu Bupati Pomalingo turut mengunjungi warga korban banjir di Keluraha Tenilo.

Bupati Nelson Pomalingo tinjau lokasi banjir di Kelurahan Bolihuangga dan Kelurahan Tenilo Kec. Limboto, Sabtu (3/6). Ia menyatakan Pemda akan melakukan penanganan banjir dan berharap dukungan penuh dari masyarakat.

Saat ini untuk upaya penaganan banjir jangka panjang, kata Bupati Pomalingo, Pemda Kabupaten Gorontalo telah menggalakkan penanaman pohon di titik-titik tertentu. Langkah itu bertujuan mengendalikan banjir pada kawasan rawan.

“Untuk jangka panjang kita tanam pohon-pohon di daerah hulu, seperti yang telah kita galakkan sejak awal. Makanya saya minta dukungan masyarakat, utamanya yang sering terdampak banjir agar mendunkung upaya Pemerintah ,” ujar Nelson.

Ia menambahkan, beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan pertemuan dengan seluruh instansi terkait dan membahas langkah-langkah konkrit agar bencana banjir bisa tertangani secara komprehensif.

Dalam waktu secepatnya, jelas dia, Pemerintah daerah ini akan membersihkan sampah-sampah yang kini menyumbat beberapa jembatan, termasuk akan diberikannya perhatian terhadap pendangkalan sungai. (*)

Bagi artikel