Bagikan Masker Gratis, Bupati Nelson Ajak Masyarakat Waspadai Corona

LIMBOTO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melakukan tindakan preventif untuk mewaspadai penyebaran virus Corona di kalangan masyarakat. Tak sebatas melakukan penyemprotan dan mengajak warga bersama membersihkan lingkungan, pembagian masker gratis pun dilakukan Pemeritah Daerah ini di pasar tradisional dan terminal.

Sabtu (21/3/2020), Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. Nelson Pomalingo, M.Pd., membagikan ribuan masker kepada para pengunjung di pasar dan terminal bus Limboto. Ia pun mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih demi mewaspadai serangan Covid-19.

“Sejak minggu yang lalu kami melakukan edaran, untuk menjaga kebersihan, melakukan foging untuk pengendalian DBD, dan secara masif melakukan sosialisasi (antisipasi) Corona kepada pedagang dan pengunjung (pasar),” kata Bupati Nelson kepada Wartawan usai membagikan masker.

Bupati Nelson yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Rony Sampir juga mengkampanyekan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), dan mengingatkan warga masyarakat untuk menjaga kesehatan agar imun dari serangan penyakit.

“Ini (pasar) salah satu tempat umum yang kita harus kendalikan kebersihannya dan sekaligus untuk mengendalikan penyebaran Corona,” ujar Nelson.

Kepada masyarakat ia menjelaskan dibagikannya masker di pasar, karena kawasan tersebut merupakan salah satu tempat interaksi banyak orang, baik penjual maupun pembeli.

Ia pun menegaskan kepada Pengelola Pasar agar menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP). Antaranya mewajibkan penjual/pembeli untuk menggunakan masker sesuai standar protokol kesehatan.

“Semua harus ada SOP, bukan hanya kantor pemerintah tetapi juga pasar. Ini penting untuk mencegah Virus Corona yang kini menyebar, dan walaupun di Kabupaten Gorontalo belum ada yang positif tetapi kita harus membentengi diri sebaik mungkin,” tegas Bupati Nelson.  #

Bagikan artikel: