AREAL PERKEBUNAN DULAMAYO PUNYA PELUANG BUDIDAYA APEL MALANG

BAGIKAN

Laporan: Zulkifli Mile

 

LIMBOTO – Wilayah Kabupaten Gorontalo ternyata memendam potensi yang bisa diunggulkan, bisa memberi peluang di sektor perkebunan seperti halnya Malang, yang unggul dalam produksi apel.

Kamis (31/10/2019), Nirwan, petani di Desa Dulamayo Selatan, membeberkan kepada Bupati Nelson Pomalingo bahwa ia sukses menanam bibit apel malang (jenis mana lagi). Tanaman apel itu, kata dia, bibitnya dibeli. Sayang Nirwan tak menyebut dimana ia membeli bibit apel itu. Ia bahkan mengajak orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo itu untuk melihat langsung tanaman apel yang mulai berbuah di kebunnya.

Hanya saja ia meyakinkan Bupati Gorontalo bahwa apel malang bisa di dibudidayakan di wilayah Gorontalo, khususnya di pegunungan Dulamayo.

“Ini (apel) bisa hidup disini pak. Hanya butuh perlakuan khusus”, kata Nirwan menunjuk sebuah selang air sembari mengalirkannya ke tanaman apel yang ditunjukkan kepada Bupati.

Menyahuti hal tersebut, Bupati Nelson meminta Dinas Pertanian untuk mengkaji budidaya apel di kawasan Dulamayo.

Nelson mengatakan, sebagai kawasan yang mulai berkembang di sektor pariwisata, kawasan Dulamayo harus punya ciri khas agriwisata.

Sebelumnya, jajaran Pejabat dilingkungan Pemda Kabupaten Gorontalo menanam pohon dan buah di Puncak Dulamayo Selatan. Agenda tersebut mengisi kunjungan Bupati Nelson Pomalingo dalam rangkaian kunjungan ke desa yang dikemas dalam program NDP (nyata dalam pembangunan.

“Kita harus beri kesan, tanam jenis buah yang banyak disini. Mulai banyak orang berkunjung”, sergah Bupati Nelson yang terus mendorong infrastruktur di wilayah itu. #

BAGIKAN