Pemerintah Kabupaten Gorontalo

Percepat Penyerapan Anggaran, Pemkab Gorontalo Gelar Rakor DAK Fisik

LIMBOTO – Percepat penyerapan anggaran  Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Gorontalo menggelar rapat koordinasi Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Rakor yang dibuka langsung Bupati Gorontalo, Prof Nelson Pomalingo di Hotel Aston Gorontalo Jumat (04/06/2021). di ikuti peserta pengelolah DAK Fisik dan OPD terkait.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo Saat Mebuka Rapat Koordinasi DAK Fisik Tahun 2021
Foto : (DiskominfoKabgor)

Dalam sambutannya Bupati mengatakan kondisi Covid-19 saat ini membuat pemerintah mengalami keterbatasan dana, tidak sedikit dana yang dipotong dan direcofusing.

Padahal disisi lain problem yang hadapi begitu besar, karena itulah Rakor tersebut diharapkan mampu mempercepat optimalisasi penyerapan anggaran DAK Fisik 2021.

“Keuangan yang terbatas ini harus dikelola dengan optimal, dengan efisien, dengan dipercepat,” ujar Bupati.

Ia menjelaskan tahun 2021 ini Pemkab Gorontalo mendapatkan total APBD mencapai Rp1,5 triliun. Anggaran ini dari tahun ke tahun terus meningkat. Untuk DAK Kabupaten Gorontalo mendapat anggaran Rp280 miliar, dengan rincian DAK fisik Rp143 miliar, dan DAK non fisik Rp135 miliar.

“Tapi penyerapan anggaran, baru Rp.19 miliar, menunjukkan 13,9 persen. Kalau dilihat dari sisi waktu sudah masuk bulan Juni harusnya kalau dapat 50 persen,” terang Dia.

Karena itu hari Nelson meminta badan keuangan, untuk mengecek sejauh mana proses ini berjalan dengan baik. Apalagi pengalaman tahun lalu dana DAK ada yang dikembalikan.

Karena data menunjukkan sejumlah OPD penyerapan anggarannya masih sangat rendah, bahkan ada yang 0 persen maka pencepatan dibahas hari ini untuk optimalisasi terkait penyerapan dana,” pungkasnya. (rif)

Bagikan artikel:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
error:
Secured By miniOrange