66,5 Miliar Dana PEN Kabgor Mulai Dicairkan

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, memastikan pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) daerah Kabupaten Gorontalo mulai dicairkan. Untuk tahap pertama, sebesar Rp 66,50 miliar telah diterima oleh pemerintah daerah.

Hal ini dibeberkan Nelson usai memimpin rapat percepatan pelaksanaan program kegiatan dana pinjaman PEN daerah Kabupaten Gorontalo tahun 2021, di ruang Madani Kantor Bupati Gorontalo, Senin (12/07/2021).

“Selama ini ada keraguan bahwa dana PEN itu tidak ada atau mungkin terjadi perubahan dan sebagainya. Hari ini saya tegaskan sudah ada sekitar Rp 66,5 miliar yang masuk, itu untuk tahap I,” ungkap Nelson.

Nelson mengakui, jumlah tersebut tidak sesuai dengan nominal yang diminta oleh pemerintah, yakni sekitar Rp130 miliar. Sebab, kata Nelson, pencairan tersebut disesuaikan dengan berapa proyek yang telah berjalan atau di tender oleh Pemkab Gorontalo.

“Saya tadi sudah menegaskan supaya dana ini digunakan untuk pembayaran proyek-proyek tahun lalu yang sudah selesai dan kita masukkan melalui dana PEN, contohnya Food Court, rumah adat, dan proyek yang ada di Tibawa, ungkap Nelson.

Selain proyek tahun 2020 lalu, dana PEN ini juga akan digunakan untuk memulai sejumlah program pada tahun 2021 ini. Beberapa diantaranya ialah pembangunan pasar Shopping Center Limboto dan infrastruktur jalan.

“Minggu ini semua proyek PEN akan ditayangkan tendernya. Ini harus cepat, karena sekarang sudah bulan Juli. Tadi juga saya sudah tegaskan agar pengawasan dilakukan dengan baik, supaya penggunaan PEN ini berjalan dengan bagus,” tandasnya. (rif)

Bagikan artikel:
Secured By miniOrange