Pertambangan dan Energi

Kabupaten Gorontalo kaya akan sumber daya alam baik mineral logam maupun mineral batuan yang dapat ditemukan di beberapa wilayah kecamatan dengan potensi yang beragam. Demikian pula dengan potensi energi hydrothermal (panas bumi) dan hydromicro yang perlu pengembangan lebih lanjut. Adapun potensi tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Mineral logam

Emas, penyebarannya berada diwilayah kecamatan Boliyohuto, Mootilango, Tolangohula, Asparaga dan Pulubala, dengan potensi 528,290 ton.

Tembaga, penyebarannya berada di wilayah kecamatan Boliyohuto, Pulubala dan Kecamatan Telaga dengan potensi 3.978,390 m3.

  • Hydrothermal & Mikrohydro

Potensi Hydrothermal penyebarannnya berada di wilayah Kecamatan Telaga Biru dan Mootilango. Di Kecamatan Telaga Biru penyebarannya  meliputi kawasan obyek wisata Pentadio Resort yang kini dikemas dalam paket mandi uap (sauna), mandi celup, dan kolam air panas.

Sedangkan potensi Mikrohydro penyebarannya berada di wilayah kecamatan Telaga dimanfaatkan untuk penyediaan sumber daya listrik yang ramah lingkungan dengan debit air 23,5 liter/detik (hulu sungai Dulamayo), air terjun Mohiyolo Kecamatan Asparaga dengan debit air 2.000 liter /detik.