Industri

Pabrik Tepung Kelapa

Di Kabupaten Gorontalo berdiri dua buah pabrik tepung kelapa (di Desa Parungi Kecamatan Boliyohuto dan di Desa Isimu Selatan Kecamatan Tibawa) yang memproduksi olahan kelapa untuk memenuhi kebutuhan pasar luar negeri dan export ke negara lainnya seperti Rusia dan Tiongkok.

Bahan dasar untuk kebutuhan olahan pabrik biasanya dipasok dari hasil panen masyarakat di Gorontalo dan sekitarnya. Pabrik ini pun merekrut tenaga lokal sebagai pekerja didalamnya.

Pabrik Jamu Tetes

Pabrik jamu tetes Sozo Formula Manggata 1 – Soman 1 berada di wilayah desa Pilohayangan Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Pabrik ini memproduksi jamu tetes dan 100 persen berbahan alami yang diramu dari 34 jenis tanaman berkhasiat terdiri dari sayuran dan rempah pilihan ditambah hati ikan hiu dan sari umbbi manggata.

Setiap tetes jamu dari pabrik industri ini mengandung enzim, asam amino, omega 3, 6 , 9, vitamin A, B, C, D, E dan K, mineral serta probiotik alami. Pabrik Soman mengelolanya dengan proses modern secara fermentasi, dingin, tanpa pengawet essence atau unsur-unsur kimia.

Pabrik Gula Tebu

Pabrik gula tebu berada di Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo didirikan sejak tahun 1990 pada areal seluas 15.700 hektar dengan lahan perkebunan seluas 8.000 hektar termasuk didalamnya.

Produksi gula dari Kabupaten Gorontalo mencapai 40.000 ton/tahun yang disalurkan memenuhi kebutuhan masyarakat lokal provinsi dan luar provinsi Gorontalo.

Pabrik gula Tolangohula mempekerjakan 1.800 orang tenaga kerja tetap dan 5.000 orang pekerja lepas.

Karawo (Kerawang)

Karawo atau kerawang merupakan kerajinan sulaman yang memiliki keunikan lain dari suaman-sulaman lain di belahan dunia. Kunikannya terletak pada pola pengerjaan, khususnya pada proses pemisahan serat (benang kain) yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Tak heran untuk penyelesaian sulaman kerawang pada sebuah busana bisa memakan waktu satu minggu jika ditekuni pengrajin dengan baik.

Secara keseluruhan, rangkaian pembuatan karawo di mulai dari proses pembuatan motif, pemisahan serat kain atau bahan busana kerawang yang hendak dikerjakan, dan penyulaman benang berwarna selaras.