Galeri Daerah

A.       Program Prioritas

Berdasarkan hasil analisa terhadap isu – isu strategis dan janji Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo selama masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah maka ditetapkan 6 (enam) prioritas pembangunan Kabupaten Gorontalo, yakni :

1.        Penanggulangan Kemiskinan.

      Prioritas tersebut di fokuskan pada 3 bentuk intervensi. Intervensi Pertama di arahkan pada pemberian bantuan dan perlindungan social dengan sasaran pemenuhan hak dasar utama seperti pemenuhan hak atas pangan, pendidikan, pelayanan kesehatan, serta sanitasi dan air bersih. Intervensi kedua, diarahkan pada pemberdayaan masyarakat berdasarkan Wilayah seperti perdesaan, perkotaan, serta wilayah tertinggal. Disamping itu pemberdayaan masyarakat berdasarkan sector, dengan cara mengembangkan skema program sektor pertanian, peternakan, perikanan, usaha kecil masyarakat. Intervensi ketiga, diarahkan pada pemberdayaanusaha mikro dan kecil seperti pembiayaan dalam bentuk bantuan permodalan, akses modal serta akses pasar produk; danpendampingan serta peningkatan keterampilan manajemen usaha. Bentuk-bentuk intervensi lebih detail terkait Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Gorontalo mengacu pada Dokumen Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (SPKD) 2016-2021 yang juga merupakan satu kesatuan dari RPJMD Kabupaten Gorontalo 2016-2021.

2.        Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia

Prioritas ini difokuskan pada intervensi kewilayahan berbasis ruang melalui pembentukan kota satellite pendidikan di kawasan Limboto, sehingga secara bertahap akan membentuk karakter Limboto dan sekitarnya sebagai “Madinatul Ilmi”. Intervensi berikutnya adalah penguatan kapasitas SDM melalui peningkatan kualitas pendidikan dengan penguatan atas bidang-bidang studi eksakta tanpa menyepelekan bidang humaniora, sedangkan bidang-bidang kinestetik perlu diarahkan pada pencapaian prestasi-prestasi nasional. Khusus untuk masyarakat, intervensi untuk meningkatkan keaksaraan, kecakapan hidup perlu diintensifkan. Intervensi peningkatan SDM juga di arahkan pada kelompok sasaran Aparat Sipil Negara melalui peningkatan kompetensi. Fokus kualitas SDM melalui kesehatan diarahkan pada pencapaian kualitas hidup sehat dengan intervensi utama pada perubahan perilaku hidup sehat, maka untuk itu kegiatan terkait dengan preventif dan promotif menjadi core program. Intervensi sector kesehatan berbasis ruang di arahkan pada relokasi Rumah Sakit Umum Daerah ke Kawasan Limboto Barat, Pembangunan RSU Pratama di Kecamatan Boliyohuto.

3.        Optimalisasi Pertanian Terpadu

Prioritas ini ditujukan untuk mencapai Ketahanan Pangan untuk Indonesia Berdaulat sebagaimana menjadi prioritas nasional. Prioritas ini di arahkan pada peningkatan produktivitas tanaman pangan melalui intervensi penguatan penguasaan teknologi pertanian untuk mencapai efisiensi produksi yang dampaknya nanti pada peningkatan nilai tukar petani sub sector tanaman pangan. Intervensi selanjutnya pada peningkatan produktivitas pertanian hortikultura dengan target pemenuhan kebutuhan pasar horti di Gorontalo dan wilayah sekitarnya. Ketersediaan pangan yang cukup diharapkan dapat mendorong terciptanya industry pangan daerah agar masyarakat memperoleh nilai tambah.Intervensi-intervensi ini dipastikan dapat meningkatkan ketahanan pangan daerah, ketersediaan cadangan pangan. Intervensi kewilayahan berbasis ruang pada focus Pertanian mengarahkan Kecamatan Boliyohuto dan sekitarnya sebagai pusat pertanian dan agro industri. Fokus selanjutnya adalah mengintegrasikan antara kegiatan pertanian dengan peternakan, agar produktivitas sub sektor pertanian dengan sub sector peternakan meningkat. Sector peternakan menjadi sector unggulan yang nantinya akan dikembangkan untuk mencapai target pembangunan nasional dalam hal swasembada daging. Pada focus ini Kabupaten Gorontalo mengembangkan peternakan dengan core kegiatan pada budidaya ternak ruminansia (khusus sapi) dan unggas (itik dan ayam), sehingga wilayah ini menjadi “lumbung ternak” di Propinsi Gorontalo. Intervensi kewilayahan berbasis ruang pada focus peternakan adalah membentuk wilayah kecamatan Batudaa sekitarnya, Pulubala serta Boliyohuto sekitarnya sebagai kawasan pengembangan usaha peternakan.

4.        Pengembangan Ekonomi Kreatif.

Fokus program prioritas ini diarahkan pada pembinaan wirausahawan muda baru, dan mengembangkan wirausahawan yang telah lama menjalankan usaha. Arah prioritas ini ditargetkan untuk memberikan kontribusi Ekonomi yang signifikan, membangun citra dan identitas local Kabupaten Gorontalo, memanfaatkan sumber daya local yang belum dioptimalkan sebagai sumber penghidupan, memfasilitasi inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan kompetitif generasi muda, memberikan dampak sosial yang positif. Intervensi Pengembangan Ekonomi Kreatif berdasarkan ruang, diarahkan pada pembentukan daerah Kecamatan Telaga dan sekitarnya sebagai pusat pengembangan ekonomi kreatif. Disamping itu pemerintah Kabupaten mengarahkan Kecamatan Telaga dan sekitarnya untuk perdagangan dan pemukiman. Pada konteks ini maka Kecamatan Telaga menjadi Central Bussiness Distric (CBD) di Kabupaten Gorontalo.

5.        Infrastruktur

Fokus program prioritas ini diarahkan pada pemenuhan infrastruktur wilayah seperti jalan, jembatan, irigasi, dan pemukiman dan perumahan, sanitasi dan air bersih, pasar dan pusat-pusat perdagangan. Intervensi pembangunan infrastruktur berdasarkan pola ruang di Kabupaten Gorontalo diarahkan pada interkoneksitas wilayah sebagai pusat perdagangan, pertanian, peternakan, perikanan, perhubungan dan madinatul ilmi serta pemerintahan dalam satu jaringan yang saling terkait. Intervensi program prioritas pembangunan infrastruktur diarahkan pada relokasi rumah sakit Umum Daerah ke Kecamatan Limboto Barat, optimalisasi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di Kecamatan Limboto Barat, Pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Boliyohuto, pembangunan Pelabuhan Laut di Kecamatan Bilato, pembangunan akses jalan yang mengkoneksikan Pelabuhan Laut Bilato dengan kecamatan-kecamatan di Kabupaten Gorontalo. Disamping itu, pembangunan jalan underground menuju mesjid Agung Baiturrahman.

6.        Lingkungan Hidup.

Fokus Prioritas Program Lingkungan Hidup di arahkan pada penciptaan lingkungan hidup yang lestari, equilibrium antara pertumbuhan pembangunan (ekonomi, social, politik dan budaya) dengan daya dukung ekologi sehingga terbentuk ekosfer yang harmoni sebagaimana telah tergambarkan pada dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS RPJMD 2016-2021) dan Analisis Perumbahan Iklim (API Kabupaten Gorontalo 2016). Arah kebijakan berikutnya adalah membentuk ketahanan lingkungan hidup melalui upaya mendorong partisipasi warga dalam aksi-aksi penyelamatan lingkungan, merumuskan dan menyebarluaskan nilai-nilai etika lingkungan, membentuk ketahanan iklim dengan cara memberi ruang kepada masyarakat desa menanam tanaman yang beraneka ragam sehingga tercegah dari gagal panen akibat perubahan iklim, Pemeliharaan sumberdaya air, penyediaan Dam, tampungan air, panen air. Untuk itu distribusi kewenangan kepada Pemerintah Kecamatan dalam hal menangani isu-isu lingkungan hidup pada konteks kecamatan merupakan bagian dari arah kebijakan . Intervensi program prioritas Lingkungan Hidup diarahkan pada peningkatan kualitas Baku Mutu Lingkungan Hidup, pengurangan kawasan kumuh, pengurangan luas wilayah genangan banjir, diikuti dengan peningkatan upaya-upaya konservasi berbasis masyarakat dan pemerintah.

Ke 6 (enam) prioritas pembangunan Kabupaten Gorontalo Tahun 2016 -2021 tersebut, dijabarkan pada kebijakan umum daerah yang merupakan arah kebijakan pembangunan berdasarkan strategi yang dipilih. Melalui kebijakan umum diperoleh gambaran strategi spesifik, konkrit, operasional dan fokus agar dapat mengarahkan pemilihan program lebih tepat dan rasional. Keterkaitan antara program dengan strategi dan kebijakan umum menunjukan pentingnya kejelasan hubungan antara program prioritas dengan sasarannya.

Limboto Techno Science Park

Lokasi PPN (Pekan Penghijauan Nasional) ke-32 kini dikembangkan menjadi kawasan multi fungsi. Bupati Nelson Pomalingo merancang kawasan ini sebagai Limboto Techno Sains Park.

Mobile Gemilang

Tahun 2017 tim Pemda Kabupaten Gorontalo mengunjungi desa-desa terpencil di seluruh kecamatan. Sasarannya untuk mendekatkan pelayanan publik bagi masyarakat.

Beasiswa Pendidikan

Untuk mendorong output pendidikan sekaligus mendorong kualitas ASN, Pemda Kabupaten Gorontalo menggelontorkan dana beasiswa bagi ASN ke jenjang S1. Tak main-main, tanggungan pendidikan bisa mencapai 100%.

Go to top