Galeri Daerah

Kuliner Nusantara

Info bagi pengunjung Pentadio Resort!

Nikmati kuliner dan hidangan pilihan 'Menu dari berbagai daerah di Nusantara'

Kunjungi Lokasi wisata KULINER: Samping Pintu Utama Pentadio Resort

Derap Desa

Bupati Nelson Nilai Pesta Masal Adalah Efisiensi. Ia memberi bonus honney moon kepada semua pasangan pengantin

Read more...

Pemberdayaan

Pemkab Gorontalo mencetak 5.000 usahawan, disokong modal cukup untuk penguatan usaha

Read more...

 

LIMBOTO - Kondisi hutan di Gorontalo setiap tahun kian memiriskan. Gundulnya hutan tak hanya diakibatkan oleh pembalakan, tetapi juga didorong oleh pembakaran lahan dipinggiran kawasan hutan oleh sebahagian masyarakat dan dijadikan sebagai lahan perkebunan. Desakan kebutuhan ekonomi ditengarai telah memperparah hutan di Gorontalo.

Sebagaimana pemantauan yang dilakukan REDD Plus (organisasi yang bergerak dibidang lingkungan di Indonesia), sebagaimana di paparkan Mr. Yazaki dari Jepang, Jumat (28/10), di ruang pola kantor bupati, pengamatan dilakukan melalui Citra Satelit menunjukkan rusaknya kawasan hutan dikawasan Gorontalo umumnya terjadi sejak tahun 1960 hingga tahun 2010. Kenyataan ini menjadikan Gorontalo devorestrasi dan mengakibatkan emisi gas karbon naik, lingkungan pun menjadi panas.

Atas kenyataan itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo dengan REDD Plus terlihat berupaya menemui kesepakatan agar bisa bersama mendesain program yang bermanfaat bagi masyarakat dipinggiran hutan. Menanam pohon yang menghasilkan menjadi tawaran pertama sebagai upaya pemulihan hutan.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo didampingi Wakil Bupati Fadli Hasan, dalam pertemuan itu menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Gorontalo mulai merencanakan program budidaya tanaman kopi di kawasan hutan yang telah dirambah. “Budidaya kopi dinilai bisa memberi nilai tambah bagi peningkatan ekonomi rakyat, sekaligus melindungi kembali hutan kita”, jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Nelson juga menyayangkan kerusakan hutan di Kabupaten Gorontalo telah diakibatkan oleh alih fungsi lahan secara besar-besaran. Penebangan kayu keras untuk ladang jagung memicu rusaknya lingkungan di daerah ini. *

Unggulan

Peternakan

Pendidikan

Kesehatan

Limboto Techno Science Park

Lokasi PPN (Pekan Penghijauan Nasional) ke-32 kini dikembangkan menjadi kawasan multi fungsi. Bupati Nelson Pomalingo merancang kawasan ini sebagai Limboto Techno Sains Park.

Mobile Gemilang

Tahun 2017 tim Pemda Kabupaten Gorontalo mengunjungi desa-desa terpencil di seluruh kecamatan. Sasarannya untuk mendekatkan pelayanan publik bagi masyarakat.

Beasiswa Pendidikan

Untuk mendorong output pendidikan sekaligus mendorong kualitas ASN, Pemda Kabupaten Gorontalo menggelontorkan dana beasiswa bagi ASN ke jenjang S1. Tak main-main, tanggungan pendidikan bisa mencapai 100%.

Go to top