Galeri Daerah

Pemkab Gorontalo mencetak 5.000 usahawan, disokong modal cukup untuk penguatan usaha


LIMBOTO-Sembilan kelompok usaha masyarakat di Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, menerima dana tunai sebesar Rp. 180.000.000. Dana bersumber dari anggaran APBN, Kemensos RI, untuk kelompok usaha bersama (KUBE) tersebut disalurkan Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo dan diserahkan secara simbolis oleh Asisten I Sekkab Gorontalo, Ayuba Hida, Rabu (07/1), di aula Kantor Camat Tabongo. 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo, Safwan T. Bano, menjelaskan, anggaran KUBE itu diperuntukkan bagi peserta program keluarga harapan. “Setiap kelompok mendapat bantuan Rp. 20.000.000. Sentuhan ini sebagai rangsangan usaha dan bertujuan mengangkat kualitas hidup masyarakat miskin di Kabupaten Gorontalo. Mereka kita arahkan mengatur penggunaan dana sebaik-baiknya sehingga pembinaan usaha ini mencapai sasaran”, jelas Safwan T. Bano.

Selain memfasilitasi bantuan usaha bagi PKH, Dinsos Kabupaten Gorontalo dalam waktu dekat segera menyerahkan dana kelompok usaha non PKH. Kadinsos Safwan Bano, mengatakan, pihaknya telah mendaftar sepuluh kelompok lagi penerima bantuan (non PKH) yang akan menerima dana dari Kemensos tahun 2016 ini. “Bantuan ini untuk berbagai jenis usaha, seperti bagi kios pertanian dan usaha peternakan, kuliner, bahkan _home industri_”, katanya.

Asisten Ayuba Hida, berharap sokongan dana dari Pemerintah tersebut bisa menggeliatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Gorontalo. Ia pun meminta para anggota kelompok solid dan transparan mengelola bantuan KUBE itu. 

Limboto Techno Science Park

Lokasi PPN (Pekan Penghijauan Nasional) ke-32 kini dikembangkan menjadi kawasan multi fungsi. Bupati Nelson Pomalingo merancang kawasan ini sebagai Limboto Techno Sains Park.

Mobile Gemilang

Tahun 2017 tim Pemda Kabupaten Gorontalo mengunjungi desa-desa terpencil di seluruh kecamatan. Sasarannya untuk mendekatkan pelayanan publik bagi masyarakat.

Beasiswa Pendidikan

Untuk mendorong output pendidikan sekaligus mendorong kualitas ASN, Pemda Kabupaten Gorontalo menggelontorkan dana beasiswa bagi ASN ke jenjang S1. Tak main-main, tanggungan pendidikan bisa mencapai 100%.

Go to top