Galeri Daerah

 LIMBOTO Sanggar kegiatan belajar (SKB) di Kabupaten Gorontalo diminta lebih aktif menangani permasalahan buta aksara ditingkat masyarakat. Tak mengenal usia dini hingga usia lansia, kemampuan membaca harus merata di setiap individu agar mereka tak gerus oleh lembah kebodohan. Saat ini, sajian informasi melalui media massa dan internet telah menjadi konsumsi utama di seluruh belahan dunia. Tak heran jika penguasaannya berpengaruh sebagai penentu terhadap nilai kecerdasan suatu bangsa.

“Saya harap SKB meningkatkan program literasi hingga ke tingkat kecamatan jika perlu sampai ke tingkat Kabupaten. Program seperti ini sangat baik menangani persoalan buta aksara dengan baik”, kata Bupati Nelson Pomalingo dalam sambutannya pada penutupan Jumbara Literasi Desa Daenaa, Sabtu malam (10/12), di halaman SDN 16 Limboto Barat.

Bupati menambahkan, sebagai desa yang beroleh kepercayaan Kemendibud sebagai lokasi pelaksana kampung literasi, Daenaa harus memiliki fasilitas-fasilitas literasi. Seperti adanya sudut-sudut baca dan ada kegiatan rutin pemberantasan buta aksara. “Menguasai informasi berarti kita dapat menggengam dunia, maka kita berantas buta aksara dengan menjadikan buku sebagai jendela ilmu”, tuturnya.

Pada kesempatan itu Bupati Nelson mengatakan mulai bulan Januari tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan berupaya mendorong etos kerja para anak didik dengan menerapkan jam masuk sekolah lebih awal. Penerapan kebijaksanaan ini diharapkan akan memberi gairah baru bagi pendidikan daerah.

Dalam puncak penyempurnaan tahapan kampung literasi desa Daenaa yang dimotori SKB Limboto Bupati Nelson Pomalingo menyerahkan piala bergilir Ketua Tim Penggerak PKK kepada dusun Diata, sebagai peserta terbaik dalam jumbara literasi tahun ini.

Sebelumnya, Kepala SKB Limboto Romy Isa dalam laporannya menyebutkan kegiatan tersebut juga diwarnai dengan aksi pelestarian lingkungan oleh seluruh peserta. Dilakukan agenda penanaman 4.000 bibit pohon pelindung yang merupakan bantuan Balai Wilayah Sungai Gorontalo.*

 

Limboto Techno Science Park

Lokasi PPN (Pekan Penghijauan Nasional) ke-32 kini dikembangkan menjadi kawasan multi fungsi. Bupati Nelson Pomalingo merancang kawasan ini sebagai Limboto Techno Sains Park.

Mobile Gemilang

Tahun 2017 tim Pemda Kabupaten Gorontalo mengunjungi desa-desa terpencil di seluruh kecamatan. Sasarannya untuk mendekatkan pelayanan publik bagi masyarakat.

Beasiswa Pendidikan

Untuk mendorong output pendidikan sekaligus mendorong kualitas ASN, Pemda Kabupaten Gorontalo menggelontorkan dana beasiswa bagi ASN ke jenjang S1. Tak main-main, tanggungan pendidikan bisa mencapai 100%.

Go to top