Alat Musik Polopalo

Polopalo merupakan alat musik tradisional masyarakat Gorontalo dibuat dari bambu yang menghasilkan nada. Manfaat lainnya, alat ini digunakan petani untuk mengusir burung pemakan padi di sawah.

Seni Beladiri Langga

Langga merupakan seni beladiri masyarakat Gorontalo (tanpa senjata tajam). Beladiri ini biasa dibarengi dengan metafisika. Saat ini telah menjadi cabang olahraga yang ditampilkan dalam acara resmi.

Rabana

Rabana (rebana), alat musik tradisional terbuat dari kulit binatang. Ditabuh disetiap penyelenggaraan adat, seperti Maulid Nabi, Pesta Pernikahan, dan acara adat lainnya.

Polahi

Polahi merupakan suku terasing. Konon mereka adalah kelompok masyarakat yang melarikan diri untuk menghindari kewajiban pajak/upeti pada zaman penjajahan Belanda.

Tenggedi

Permainan tradisional yang sering dimainkan anak-anak. Tenggedi (engran) terbuat dari buluh panjang dan memiliki pijakan di bagian tengah.

 

Tiga SD Implementasikan G-Spot

Murid sekolah dasar berlatih bela diri langga

LIMBOTO – Upaya menggalakkan kembali langga melalui lingkungan pendidikan oleh Pemda Kabupaten Gorontalo mulai terlihat pada tiga sekolah yang menjadi prototype penerapan program Gerakan Sekolah Peduli Olahraga Tradisonal (G-Spot). Sebut saja, SDN 17 Telaga Biru, SDN 1 Telaga Biru, dan SDN 19 Limboto yang mulai mengimplementasikan G-Spot.

26 Desa Kabupaten Gorontalo Pilkades Serentak

Antusiasme ditujukkan warga menyukseskan Pilkades serentak di Kabupaten Gorontalo. (Foto: WA Exceutif Limboto)

LIMBOTO, Sebanyak 26 desa di Kabupaten Gorontalo serentak melaksanakan pemilihan kepala desa. Pemungutan suara mulai berlangsung pada pukul 07:00 hingga pukul 13:30 wita, Sabtu (14/10), di 14 kecamatan. Pilkades serentak di daerah ini disambut antusiasme warga desa yang melaksanakannya. Para pemegang hak pilih pun seperti tak mau menyia-nyiakan haknya untuk menyalurkan suara pada pesta demokrasi ini.

Spektakuler, Bupati Nelson apresiasi FPDL 2017

LIMBOTO – Penyelenggaraan festival pesona Danau Limboto tahun ini meraih sukses besar. Event Nasional ini tercatat berhasil menarik perhatian hampir 50.000 pengunjung setelah dibuka pada tanggal 21 September 2017 oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arief Fakrullah yang juga mantan Plt. Gubernur Gorontalo, Kamis lalu.

Pertunjukan Budaya Warnai FPDL

Seni beladiri tradisional daerah Gorontalo (Langga) tampil dalam pembukaan FPDL 2017. (Foto: Adhi Winata).

LIMBOTO – Pertunjukan Budaya mewarnai pembukaan Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) Tahun 2017. Kegiatan dibuka Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arief Fakrullah yang juga mantan Plt. Gubernur Gorontalo, Kamis (21/9) bertempat di pesisir Danau Limboto.